Sukses


Liga 1 Tanpa Degradasi, Kuota Pemain Asing Tidak Berubah

Bola.com, Jakarta - Kuota pemain asing di Liga 1 2021/2022 tidak berubah. Setiap klub diperbolehkan untuk mendaftarkan tiga nama pemain asing dan satu pemain asing khusus Asia.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengatakan selain mengaji penghapusan degradasi, rapat Exco PSSI pada 3 Mei 2021 juga membahas slot pemain asing untuk Liga 1 musim ini.

Hasani membenarkan sempat ada ide untuk memangkas jumlah legiun asing di Liga 1. Usulan itu menyeruak saat final Piala Menpora 2021 pada akhir bulan lalu. Namun, Exco PSSI memutuskan untuk mengabaikan rencana tersebut.

"Waktu di final Piala Menpora, sempat ada obrolan saat mau berbuka puasa soal itu. Lalu dibahas di rapat Exco PSSI. Sebab, kabar ini sempat muncul di media," kata Hasani kepada Bola.com beberapa waktu lalu.

"Tapi pembahasannya sangat ringan. Rata-rata anggota Exco mengatakan, ya sudah lah, untuk apa diubah-ubah. Biarkan dengan kondisi yang ada yaitu 3+1. Jadi kami tak perdebatkan, kemungkinan tidak ada perubahan," tutur Hasani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ditentang Banyak Pihak

Sebelumnya, sejumlah pihak menentang kemungkinan kuota pemain asing di Liga 1 dikurangi. Berbagai faktor menjadi landasan untuk menentang rencana tersebut.

Madura United, misalnya, tim berjulukan Laskar Sapeh Kerrab itu menganggap klub bakal merugi jika jumlah pemain asing dipotong.

"Ini yang mungkin menjadi repotnya untuk tim kami. Sekarang, kami sudah mempunyai empat pemain asing. Ini baru usulan, bukan keputusan. Bagaimana dengan klub yang sudah terlanjur memiliki empat pemain asing kami rasa agar diberi keputusan mengenai hal ini," kata pelatih Madura United, Rahmad Darmawan.

Video Populer

Foto Populer