Sukses


Hampir Menjadi Pemain Indonesia Ketiga yang Berkarier di Korea Selatan, Ini Alasan Dallen Doke Kembali ke Persita

Bola.com, Jakarta - Dallen Doke hampir menjadi pemain Indonesia ketiga yang berkarier di Korea Selatan. Namun, bek berusia 23 tahun itu malah memilih kembali ke Persita Tangerang. Ada Apa?

Bersama Muhammad Iqbal, Dallen Doke ditawari kontrak oleh klub K League 3, Cheongju FC. Namun, hanya Iqbal yang akhirnya bergabung. Dallen harus kembali ke Persita karena niat awalnya cuma berlatih di Korea Selatan.

Dallen Doke dan Iqbal berkesempatan berlatih bersama Cheongju sejak Februari 2021. Selama tiga bulan unjuk gigi, keduanya mampu menarik perhatian klub kasta ketiga Liga Korea Selatan itu.

Praktis, hanya Iqbal yang dikontrak Cheongju. Eks gelandang Timnas Indonesia U-19 ini menjadi pemain Indonesia kedua di Korea Selatan setelah Asnawi Mangkualam yang bermain untuk klub K League 2, Ansan Greeners.

"Persita masih punya opsi dengan Dallen Doke. Sedari awal, izin Dallen dengan Persita hanya berlatih di Korea Selatan," kata agen Dallen Doke, Muly Munial ketika dihubungi Bola.com.

"Sebetulnya, kalau sedari awal kami bilang ke Persita untuk bermain di Korea Selatan, mungkin mereka akan legawa. Namun, kami sudah bernegosiasi dengan Persita. Kami tak mungkin membatalkan kontrak dengan mereka," jelas Muly Munial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Menjaga Etika

Muly Munial menolak Dallen Doke disebut gagal bergabung dengan Cheongju karena faktor lain. Menurutnya, pilihan untuk kembali ke Persita dilatarbelakangi karena komitmennya menghargai kontrak yang lebih dulu disepakati.

"Saya mengajarkan anak-anak saya harus beretika. Sudah ada tawar-menawar dengan Persita, mereka juga sudah setuju. Etikanya, Persita sudah menunggu lama dan sabar menunggu Dallen Doke kembali," tutur Muly Munial.

"Cheongju memang mau merekrut Iqbal dan Dallen Doke. Namun khusus Dallen, ini komitmen dengan Persita. Sebab, permintaan kami sudah dipenuhi juga oleh mereka," terang agen yang juga menaungi Evan Dimas tersebut.

Video Populer

Foto Populer