Pelatih Persib: Liga 1 Wajib Ada Degradasi

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Mei 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 19:15 WIB
Robert Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts (kiri) saat melawan Persija Jakarta dalam laga leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Persib kalah 0-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, sepakat dengan sikap timnya tentang penghapusan degradasi di Liga 1 musim ini. Arsitek asal Belanda itu menolak mentah-mentah rencana PSSI tersebut.

PSSI lewat rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada 3 Mei 2021 memutuskan untuk membawa konsep Liga 1 tanpa degradasi ke kongres tahunan PSSI pada 29 Mei 2021 di Jakarta.

PSSI mengklaim mendapatkan mandat dari mayoritas tim Liga 1 dan Liga 2 untuk meniadakan degradasi di musim ini. Namun, PSSI tidak mengungkapkan klub-klub mana saja yang meminta rancangan tersebut.

"Di kompetisi manapun di dunia ini, dan di situasi normal apapun, pasti mengikuti FIFA. Begitu juga dengan PSSI yang berada di bawah FIFA, maka harus ada degradasi," kata Robert Alberts dinukil dari laman Persib.

"Jika tidak ada degradasi di Liga 1 musim ini, akan muncul sistem yang berbeda dan bisa menghilangkan integritas sikap sportif," jelas arsitek asal Belanda tersebut.

2 dari 3 halaman

Sejalan dengan Persib

Persib Bandung, Robert Alberts
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Bola.com/Erwin Snaz)

Robert Alberts mendukung penuh keputusan Persib yang menolak Liga 1 tanpa degradasi. Selain itu, pelatih berusia 66 tahun ini juga meminta kepastian dari PSSI terkait kejelasan kompetisi di musim ini.

"Saya mendukung penuh kebijakan manajemen Persib bahwa di kompetisi manapun, itu harus ada yang namanya degradasi," imbuh Robert Alberts.

"Namun, poin utamanya adalah hingga saat ini, kami pun masih belum tahu kepastian kompetisi dan bagaimana formatnya," terang mantan juru taktik PSM Makassar itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓