Benahi Timnas Indonesia Senior, Shin Tae-yong Gunakan Pola yang Telah Diterapkan di Timnas U-19

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 16 Mei 2021, 19:15 WIB
FOTO: Jelang Uji Coba, Kondisi Fisik Timnas Indonesia Diklaim Masih Payah
Kondisi fisik pemain Timnas Indonesia masih berada di wilayah 60 persen karena situasi pandemi COVID-19 yang membuat pelatih Shin Tae-yong menyesuaikan menu latihan untuk pemain. (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku akan menggunakan pola yang telah diterapkan di U-19 untuk membenahi skuad senior. Menurut Shin Tae-yong, masalah yang dihadapi timnas senior serupa dengan U-19.

Pola pembenahan mental dan lini pertahanan terbukti ampuh di Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong berkaca pada pengalamannya dalam membenahi U-19 selama mengikuti pemusatan latihan di Kroasia pada 2020.

Ketika itu, Shin Tae-yong mampu menyulap U-19 dari tim yang lengah saat bertahan menjadi tangguh. Hal itu terlihat dengan pencapaian Timnas U-19 dari yang kebobolan 7 gol menjadi 3 gol dan akhirnya sukar dikalahkan.

"Saat bermain, pemain U-19 tidak ada yang berani mengadang tendangan lawan. Dalam kondisi kalah, seharusnya pemain segera mengadang tendangan lawan," kata Shin Tae-yong.

"Kami melakukan perubahan latihan. Jadi kalau ada yang menendang segera diadang sehingga akhirnya bisa lebih baik. Setelah itu, pemain tidak ada takutnya dan akhirnya kami tidak banyak kemasukan, bahkan berhasil meraih hasil imbang dan menang," ucap Shin Tae-yong.

Penerapan pola yang telah dilakukan pada U-19 diyakini tak akan sulit di Timnas Indonesia senior. Apalagi mayoritas pemain yang dipanggil ke timnas senior merupakan nama-nama yang pernah merasakan tempaan latihan dari Shin Tae-yong di skuad kelompok umur yakni U-19 dan U-22.

2 dari 3 halaman

Mampu Bersaing

FOTO: Intip Latihan Pasukan Garuda Muda Asuhan Shin Tae-yong
Pemain Timnas Indonesia, Osvaldo Haay (kedua kiri) berebut bola dengan Rachmat Irianto, saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut untuk persiapan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong juga bingung Timnas Indonesia menempati peringkat 173 pada ranking FIFA. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut, Timnas Indonesia sejatinya mampu bersaing dan berada di posisi 100 besar.

"Secara fisik dan mental sangat kalah dan itu mau tidak mau harus diperbaiki. Saya juga bingung kenapa Indonesia berada di peringkat ke-173. Kita pasti bisa berada diperingkat 100 kalau kalian mempunyai mental dan memberikan semuanya untuk tim," tegas Shin Tae-yong.

Para pemain Timnas Indonesia bisa membuktikan kualitasnya pada tiga laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Merah Putih akan menghadapi Thailand (3/6/2021), Vietnam (7/6/2021), dan Uni Emirat Arab (11/6/2021).

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓