Sukses


Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan Bicara Rencana Masa Depan, Tak Tutup Kemungkinan Berkarier di Luar Negeri

Bola.com, Sleman - PSS Sleman memiliki duet yang begitu kompak mulai awal 2021 ini, Irfan Bachdim dan Kim Jeffrey Kurniawan. Mereka kembali bermain untuk satu tim sejak terakhir di tahun 2011.

Keduanya punya hubungan spesial, yakni kakak-beradik ipar. Diketahui, istri Irfan Bachdim, Jennifer Kurniawan merupakan kakak kandung Kim Jeffrey Kurniawan. Keduanya sudah mulai membawa pengaruh positif bagi tim Elang Jawa (julukan PSS).

Kiprah keduanya bersama PSS langsung terbukti dengan pencapaian kesuksesan membawa PSS finis di peringkat ketiga Piala Menpora 2021.

Kekompakan Irfan Bachdim baik di dalam maupun luar lapangan begitu terasa, yang berimbas pada performa tim. Keduanya punya tekad besar membawa PSS lebih berprestasi untuk persaingan di kompetisi Liga 1 2021.

Meski demikian, Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan punya rencana berbeda jika sudah tidak lagi bermain untuk PSS, atau di hari tuanya nanti. Seperti yang mereka beberkan dalam kanal YouTube PSS TV belum lama ini.

Irfan Bahdim mengaku masih berkeinginan bermain untuk waktu yang lama. Dia tak menutup kemungkinan mempertimbangkan tawaran tim dari luar negeri, dengan catatan kontraknya bersama PSS telah habis.

"Kalau ada kesempatan bermain di luar negeri, tentu saya mau demi meningkatkan prestasi," ujar pemain blasteran Indonesia-Belanda itu.

"Saya belum tentukan hari tua nanti. Termasuk rencana melatih belum ada, Saya tidak tahu," jelas Irfan Bachdim.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Jiwa Bisnis

Sementara itu, Kim Kurniawan juga masih menikmati profesinya sebagai pemain sepak bola. Ia menghormatinya kontraknya dengan ingin membuat torehan prestasi mengesankan untuk timnya.

Pemain berusia 31 tahun tersebut mengaku belum dapat memastikan di usia berapa nanti bakal gantung sepatu. Ia juga tak menutup kemungkinan berkarier di Eropa jika memang ada kesempatan di kemudian hari.

"Kita tidak tahu ke depannya nanti, yang jelas terbuka, dan sekarang masih berkomitmen di PSS. Siapa tahu nanti main di Jerman, yang jelas belum ada gambaran dalam waktu dekat," ungkapnya.

Namun Kim bakal lebih memaksimalkan bakat lainnya yakni di dunia usaha. Kim saat ini punya barbershop bernama Kim Kurniawan Barber Passion di Bandung.

"Saya lebih tertarik saya di manajemen klub, kalau tidak ya mengembangkan usaha. Karena sepak bola ada batasan usia," tutur Kim.

"Untuk sekarang belum ada rencana membuka barbershop di Sleman, fokusnya di area bandung dulu," tegas Kim Kurniawan. 

Video Populer

Foto Populer