Sukses


Rifad Marasabessy, Kembalinya Putra Tulehu yang Kini Menatap Debut di Timnas Indonesia Senior

Bola.com, Jakarta - Dari 28 pemain yang dibawa Shin Tae-yong memperkuat Timnas Indonesia menjalani tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, yang mayoritas adalah pemain muda, ada nama Rifad Marasabessy, pemain muda asal Tulehu yang telah dikenal sebagai andalan di sisi sayap pertahanan tim.

Rifad Marasabessy merupakan pemain muda yang baru saja direkrut Borneo FC Samarinda pada 2021 ini. Rifad sebelumnya merupakan pemain Tira Persikabo dan Madura United.

Pemain kelahiran Tulehu itu pertama kali menginjak level profesional setelah bergabung bersama Madura United pada Januari 2017. Rifad kemudian mendapatkan debut profesionalnya di Liga 1 2017 saat menghadapi Bali United pada 16 April 2017.

Rifad Marasabessy bergabung bersama Madura United karena peraturan dari PSSI yang mewajibkan setiap klub peserta memiliki pemain muda untuk pembentukan Timnas Indonesia, terutama U-19 dan U-22.

Penampilannya yang apik bersama Madura United berlanjut dengan pemanggilan memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan kala itu. Ia masuk dalam skuad Tim Garuda Muda arahan Indra Sjafri di Turnamen Toulon di Prancis. Rifad Marasabessy mendapatkan debutnya bersama tim tersebut saat menghadapi Brasil U-20.

Video

2 dari 3 halaman

Kiprah Bersama Timnas Indonesia U-19

Bergabungnya Rifad Marasabessy dalam Timnas Indonesia U-19 saat itu merupakan bagian dari persiapan menuju Piala AFF U-19 2017. Dalam turnamen tersebut, Rifad Marasabessy tampil saat Tim Garuda Muda menang 2-1 atas Myanmar, 9-0 atas Filipina, dan kalah 0-3 dari Thailand di fase grup.

Sempat absen kala Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 8-0 dalam laga pamungkas fase grup, Rifad Marasabessy kembali tampil kala tim asuhan Indra Sjafri itu menghadapi Thailand di babak semifinal.

Sayangnya, Timnas Indonesia kalah melalui drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam waktu normal. Rifad menjadi satu dari tiga pemain yang gagal melakukan eksekusi penalti dan menyebabkan Tim Garuda kalah dan tersingkir.

Rifad Marasabessy juga menjadi bagian dari skuad Tim Garuda Muda di Piala AFF U-19 2018. Namun, dalam edisi kali ini, Rifad mendapat saingan dari kehadiran Asnawi Mangkualam, gelandang yang mulai diplot menjadi bek kanan oleh Indra Sjafri.

Sempat absen dalam dua pertandingan pertama, Rifad bermain kala Timnas Indonesia U-19 menang 4-1 atas Filipina. Rifad Marasabessy kemudian juga berhasil mencetak gol kala menghadapi Thailand dalam pertandingan terakhir fase grup. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 kalah 1-2.

Rifad Marasabessy juga tampil dalam putaran final Piala AFC U-18 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Sayangnya, dalam semua laga yang dilalui Tim Garuda Muda di kompetisi ini, Rifad terus dicadangkan oleh Indra Sjafri.

3 dari 3 halaman

Bersaing dengan Asnawi Mangkualam dan Menatap Debut di Timnas Indonesia Senior

Dalam usia 21 tahun, Rifad Marasabessy kini mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia senior. Tak tanggung-tanggung, bek kanan asal Tulehu itu mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk melakoni pertnadingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang akan digelar di Dubai, Uni Emirat Arab.

Namun, lagi-lagi Rifad Marasabessy harus berjuang keras dan maksimal untuk bisa menembus tim inti dan mendapatkan debut bersama tim senior itu. Pasalnya, Rifad kembali harus bersaing dengan pemain yang sudah bersamanya sejak di Timnas Indonesia U-19, Asnawi Mangkualam Bahar.

Sejak Asnawi beralih posisi sebagai bek kanan, dari posisi aslinya sebagai gelandang, Rifad cukup kesulitan untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain. Apalagi rekan sekaligus rival seposisinya itu memperlihatkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk menjadi andalan Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019 dan SEA Games 2019.

Patut dinantikan bagaimana Rifad Marasabessy membayar kepercayaan dari Shin Tae-yong yang membawanya ke Dubai? Mampukah dia bersaing dengan Asnawi Mangkualam untuk mendapatkan tempat di sisi sayap pertahanan tim inti?

Video Populer

Foto Populer