Sukses


Korea Utara Mundur dari Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia Tidak Dihapus

Bola.com, Jakarta - Dua kemenangan Timnas Malaysia atas Timnas Indonesia pada Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Kualifikasi Piala Asia 2023 untuk sementara tidak akan dihapus menyusul mundurnya Korea Utara dari Grup H .

Selain untuk menentukan tim yang melaju ke Piala Dunia 2022, kualifikasi ini juga dijadikan sebagai syarat untuk lolos ke Piala Asia 2023.

Sebelumnya, beredar kabar kemenangan kandang dan tandang Malaysia ketika melawan Timnas Indonesia bakal dianulir sesuai keputusan Asosiasi Sepak Bola Asia (AFC), setelah Korea Utara menarik diri dari kualifikasi Piala Dunia 2022.

Korea Utara memilih mundur dari kualifikasi dengan dalih pandemi COVID-19, setelah direncanakan bermain di Korea Selatan dalam format sentralisasi tuan rumah pada lanjutan kualifikasi.

Saat ini, Malaysia berada di peringkat kedua Grup G dan Timnas Indonesia terpuruk di posisi kelima alias juru kunci.

AFC dalam lamannya pada 27 Mei 2021 memutuskan tidak akan menghitung kemenangan antara runner-up grup dan tim peringkat kelima pada klasemen akhir Grup A sampai G, khusus untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kebijakan itu dibuat untuk memastikan keseimbangan setiap grup. Pasalnya, kontestan Grup H berkurang menjadi empat tim setelah mundurnya Korea Utara, berbeda dibandingkan grup lainnya yang masih dihuni lima tim.

Keputusan Korea Utara menarik diri dari kualifikasi membuat peserta Grup H menjadi Korea Selatan, Lebanon, Turkmenistan, dan Sri Lanka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Hasil Pertandingan Runner-up dengan Peringkat Kelima Dihapus

Dengan adanya keputusan tersebut, AFC baru akan menghapus hasil pertandingan antara runner-up grup dengan tim peringkat kelima pada klasemen akhir kualifikasi Piala Asia 2023, bukan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Siapapun tim yang menjadi runner-up di klasemen akhir Grup G, hasil pertandingan melawan tim peringkat kelima tidak akan dihitung. 

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi kelima Grup G setelah selalu menelan kekalahan dalam lima pertandingan.

Skuad Garuda yang menyisakan tiga pertandingan di Grup G, masih berpeluang meninggalkan dasar klasemen dengan estimasi mendulang maksimal sembilan poin. Namun, Timnas Indonesia perlu berharap tim-tim lainnya tersandung.

Sekarang, Indonesia terpaut enam poin dari Uni Emirat Arab (UEA) di posisi keempat, delapan angka dari Thailand di peringkat ketiga, sembilan poin dari Malaysia di ranking kedua, dan 11 angka dari Vietnam selaku pemuncak grup.

3 dari 4 halaman

Hitung-hitungan jika Sekarang adalah Klasemen Akhir

Kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia dapat dihapus jika menganggap posisi saat ini adalah klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia 2023.

  • 1. Vietnam 11 Poin
  • 2. Malaysia 9 Poin
  • 3. Thailand 8 Poin
  • 4. Uni Emirat Arab 6 Poin
  • 5. Timnas Indonesia 0 Poin

Poin Malaysia akan menjadi tiga setelah dikurangi enam, yang didapat dari dua kemenangan atas Timnas Indonesia. Akibatnya, tim berjulukan Harimau Malaya itu bakal terlempar dari status runner-up grup.

Thailand, yang akan menggeser Malaysia sebagai runner-up grup, juga harus dikurangi poinnya merujuk hasil pertandingan menghadapi Timnas Indonesia.

Sejauh ini, Thailand baru sekali menantang Timnas Indonesia dengan hasil akhir 3-2 untuk kemenangan Thitiphan Puangjan dkk. Poin Thailand akan dikurangi tiga menjadi lima.

Thailand akan tetap berada di peringkat kedua Grup G karena UEA juga baru sekali melawan Timnas Indonesia dan menang. Dengan begitu, poin UEA akan berkurang dari enam menjadi tiga, sama dengan Malaysia.

Hitung-hitungan dengan menghapus hasil pertandingan dari runner-up grup dengan tim peringkat kelima Grup G akan membuat Thailand keluar sebagai tim peringkat kedua.

4 dari 4 halaman

3 Laga Tersisa

Timnas Indonesia akan menghadapi tiga laga tersisa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Timnas Indonesia bakal lebih dulu menantang Thailand pada 3 Juni 2021, disusul Vietnam pada 7 Juni 2021, dan UEA pada 11 Juni 2021.

Timnas Indonesia telah dipastikan tersingkir dari persaingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, namun masih punya kesempatan untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 lewat jalur play-off.

Video Populer

Foto Populer