Sukses


Duel Pelatih Thailand VS Timnas Indonesia: Momen Pertarungan Jebolan Piala Dunia 2018

Bola.com, Surabaya - Pertandingan seru bakal tersaji dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Timnas Indonesia dijadwalkan berjumpa dengan Thailand di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021).

Menariknya, duel antara Timnas Indonesia dan Thailand ini mempertemukan dua pelatih yang sama-sama pernah menangani tim nasional di Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Keduanya adalah Akira Nishino (Jepang) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Seperti diketahui, Jepang dan Korea Selatan merupakan dua tim tradisional asal Asia yang kerap memberi kejutan di Piala Dunia. Namun, Akira Nishino dan Shin Tae-yong punya pencapaian yang berbeda di ajang tersebut.

Akira Nishino sukses membawa Jepang menembus fase gugur di gelaran akbar empat tahunan itu. Mereka lolos dari Grup H bersama Kolombia yang bersaing dengan Senegal dan Polandia.

Sayang, Tim Negeri Samurai harus puas mencapai babak 16 besar. Skuat arahan Akira Nishino itu kalah 2-3 dari Belgia di babak tersebut.

Nasib berbeda dialami oleh Shin Tae-yong yang harus puas melihat Korea Selatan asuhannya terhenti sampai fase grup saja. Bergabung di Grup F, mereka kalah bersaing dengan Swedia dan Meksiko yang lolos ke fase gugur.

Tapi, Shin Tae-yong, yang baru akan menjalani debutnya di laga resmi bersama Timnas Indonesia, punya catatan unik di Grup F ini. Dia membawa Timnas Korea Selatan mengalahkan Jerman arahan Joachim Low yang berstatus sebagai juara bertahan dengan skor 2-0. Itu jadi satu-satunya kemenangan Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Video

2 dari 2 halaman

Catatan Pertemuan

Dari segi usia, Akira Nishino jauh lebih senior. Usianya lebih tua 15 tahun dari Shin Tae-yong. Keduanya tercatat tidak pernah saling berhadapan saat masih berkarier sebagai pemain. Namun, mereka pernah bertemu sebagai pelatih.

Momen itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions Asia 2010 antara Seongnam Ilhwa melawan Gamba Osaka, tepatnya pada 11 Mei 2010.

Shin Tae-yong, yang ketika itu membesut Seongnam Ilhwa, berhasil mengalahkan Akira Nishino yang menukangi Gamba Osaka dengan skor 3-0 di Tancheon Sports Complex, Seongnam. Duel itu menjadi satu-satunya rapor pertemuan Shin Tae-yong dengan Akira Nishino.

Dari catatan pertemuan itu, menarik untuk menyaksikan duel taktik dua pelatih asal Asia Timur tersebut. Pengalaman mereka di level tim nasional dan tampil di Piala Dunia akan memberi pengaruh terhadap duel sesama tim nasional dari Asia Tenggara yang mereka tangani saat ini.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asunya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Akira Nishino berpotensi membawa Thailand untuk menembus fase berikutnya demi tampil di putaran final Piala Dunia 2022. Tim Negeri Gajah Putih kini menduduki peringkat ketiga (8 poin) klasemen sementara Grup H dengan menyisakan tiga pertandingan.

Sedangkan, bagi Shin Tae-yong ini merupakan kali pertama dia menemani Timnas Indonesia tampil dalam sebuah laga kompetitif. Meski, Tim Merah Putih sudah dipastikan tidak bisa melaju ke fase berikutnya karena masih berada di posisi juru kunci tanpa poin.

Duel ini justru bisa menjadi pembuktian bagi Shin Tae-yong untuk bisa mengangkat Timnas Indonesia yang sebelumnya babak belur dengan kalah dalam lima pertandingan Grup H saat ditangani Simon McMenemy.

Video Populer

Foto Populer