Sukses


Operasi Senyap ala PSM Jelang Liga 1, Tetap Berbenah di Tengah Kewajiban Menyelesaikan Tunggakan Gaji Pemain

Bola.com, Jakarta PSM Makassar sampai saat ini belum menggelar latihan untuk menghadapi ketatnya persaingan di Liga 1 2021/2002. Rencananya, Liga 1 musim ini mulai bergulir pada 10 Juli mendatang.

Manajemen PSM pun terkesan berhati-hati menanggapi pertanyaan awak media seputar persiapan tim. Hal ini bisa dimaklumi, karena mereka tengah fokus menyelesaikan permasalahan tunggakan gaji pemain pada musim lalu.

Kondisi tersebut membuat Tim Juku Eja terancam tak bisa melakukan pendaftaran pemain untuk mengikuti kompetisi. Situasi yang melanda saat ini, hampir sama ketika PSM menghadapi Piala Menpora 2021.

Krisis finansial membuat mayoritas pemain starternya ramai-ramai meninggalkan tim. Beberapa di antaranya adalah Miswar Saputra, Asnawi Mangkualam, Serif Hasic, Hussein El Dor, Dedi Gusmawan, Leo Guntara, Ahmad Agung, Firza Andika, Ronny Beroperay, dan Rizky Pellu.

Manajemen pun mendatangkan pemain buangan atau pinjaman dari klub lain. Seperti Patrich Wanggai, Abdul Rachman, Sutanto Tan, Zulham Zamrun dan Erwin Gutawa.

Meski begitu, PSM mampu membuat kejutan dengan menembus semifinal Piala Menpora 2021. Sayangnya langkah mereka dihentikan Persija Jakarta yang kemudian meraih trofi juara.

Saat ini, Patrich Wanggai sudah bergabung di RANS Cilegon FC. Adapun Sutanto dan Erwin yang bersatus pinjaman telah menyatakan pamit dari PSM Makassar lewat akun media sosial masing-masing.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Mulai Menyicil Tunggakan Gaji Pemain

Pada berbagai kesempatan, CEO PSM Makassar Munafri Arifuddin menegaskan manajemen menganggap pemain yang pergi adalah hal wajar dalam sepak bola profesional.

"Saat ini kami fokus dulu menghadapi masalah PSM. InsyaAllah dalam waktu dekat bisa terselesaikan dalam waktu dekat," tegas Munafri kepada awak media Makassar beberapa waktu lalu.

Belakangan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) lewat general manager, Ponaryo Astaman membenarkan PSM sudah menyicil tunggakan gaji pemain.

Sejalan dengan itu, sejumlah rumor nama pemain yang bakal bergabung di PSM mulai bermunculan. Di antaranya, Diego Michels (eks Borneo FC) dan Anco Jansen (Belanda).

Sumber Bola.com di internal manajemen mengungkapkan Munafri saat ini tengah melakukan negosiasi dengan dua pelatih asing untuk menggantikan Syamsuddin Batola yang terkendala aturan lisensi.

Video Populer

Foto Populer