Sukses


Timnas Indonesia Punya Catatan Buruk Melawan Thailand, Shin Tae-yong Pastikan Pemainnya Tak Kena Mental

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia dibayangi catatan buruk melawan Thailand jelang laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (3/6/2021) malam WIB. Meski begitu, pelatih Shin Tae-yong memastikan anak asuhnya tak gentar.

Laga melawan Thailand selalu menjadi pertandingan menarik buat Timnas Indonesia. Bagi kedua tim, duel nanti akan menjadi pertemuan ke-59 sepanjang sejarah.

Thailand masih dominan dengan 30 kemenangan, Timnas Indonesia meraih 17 kemenangan, sedangkan 11 laga lainnya berakhir imbang. Timnas Merah-Putih terakhir kali mengalahkan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016 dengan skor 2-1.

Adapun pada pertemuan terakhir, Timnas Indonesia menyerah tiga gol tanpa balas pada September 2019. Pelatih Shin Tae-yong memastikan tim yang saat ini memiliki kekuatan yang lebih segar, karena didominasi mayoritas pemain muda dan berenergi.

"Pastinya akan memengaruhi ke mental pemain, akan tetapi saya sudah mengganti generasinya menjadi baru. Anak-anak saat ini masih muda," kata Shin Tae-yong.

"Kalau mereka bertahan satu atau dua tahun di Timnas Indonesia, pasti akan terbentuk mental yang lebih baik lagi. Kedepannya pasti tidak akan gampang kalah dan pastinya akan berakhir dengan kemenangan," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia memang sudah tidak punya kepentingan lagi pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Timnas Garuda sudah dipastikan tersingkir karena menelan lima kekalahan beruntun sehingga tercecer di dasar grup dengan nol poin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Siap Tempur

Pelatih Shin Tae-yong juga memastikan para pemain Timnas Indonesia dalam kondisi baik dan siap tempur. Hal itu ditunjukkan dalam sesi latihan jelang pertandingan melawan Thailand.

"Kondisi pemain sejauh ini baik. Latihan hari ini, di organisasi permainan, agar bisa bergerak secara bersama-sama," ucap Shin Tae-yong.

Laga Thailand melawan Timnas Indonesia menjadi pertemuan kedua buat Shin Tae-yong melawan Akira Nishino. Sebelumnya, kedua pelatih pernah beradu strategi ketika masih menukangi klub di ajang Liga Champions Asia 2010.

Shin Tae-yong berhasil membantu Seongnam Ilhwa menang 3-0 atas tim asuhan Akira Nishino yakni Gamba Osaka. Kemenangan itu membuat Seongnam Ilhwa melaju ke semifinal Liga Champions Asia 2010 dan akhirnya menjadi kampiun.

Video Populer

Foto Populer