Sukses


Jacksen Tiago Mendukung Sistem Anyar Liga 1, Persipura Antusias Sambut Musim Baru

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mendukung penyelenggaraan Liga 1 2021/2022 dengan sistem bubble to bubble dalam enam seri. Menurut Jacksen, sistem tersebut yang paling ideal untuk kompetisi sepak bola pada masa pandemi COVID-19.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) secara resmi telah memutuskan Liga 1 2021/2022 menggunakan sistem anyar. Kompetisi akan terpusat di Jawa dengan sistem bubble to bubble dalam enam seri dengan mempertandingkan 306 laga.

"Sebenarnya dalam masa pandemi ini, sistem itu merupakan konsep yang cukup efektif. Dari aspek kesehatan, itu hal positif," kata Jacksen Tiago.

Selain itu, Jacksen Tiago juga mengapresiasi PSSI dan PT LIB yang adil dalam menentukan sistem pertandingan. Contohnya adalah aturan tidak ada tim yang akan bermain di kandang.

"Saya cuma lihat satu hal dan memberikan apresiasi. Saya tidak bicara venue atau apa. Saya salut sepanjang kompetisi tidak ada tuan rumah dan tim bermain di markas. Itu dasar fairplay meski di wilayah Jawa," tegas pelatih asal Brasil itu.

Persipura Jayapura saat ini masih menggelar persiapan Piala AFC 2021. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu akan melakoni tiga laga uji coba untuk mematangkan persiapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tanpa Penonton

Liga 1 2021/2022 awalnya tidak akan digelar dengan kehadiran suporter di dalam stadion. Namun, perlahan-lahan suporter Persipura Jayapura dan klub lainnya diperbolehkan kembali hadir di stadion bilamana angka penyebaran COVID-19 di Indonesia menurun.

Pelatih Jacksen Tiago sepakat dengan aturan tersebut. Menurutnya, untuk saat ini situasi belum memungkinkan untuk menghadirkan suporter di stadion.

"Saya belum nyaman dengan kehadiran penonton. Alangkah baiknya ada kerja sama dengan televisi atau channel YouTube sehingga bisa menjangkau suporter. Supaya keamanan bisa dirasakan oleh kita dan suporter," tegas Jacksen.

Video Populer

Foto Populer