Sukses


Prediksi Thailand Vs Timnas Indonesia: Menanti Debut dan Pembuktian Shin Tae-yong

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia akan menantang Thailand dalam laga lanjutan penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Al Maktoum Stadium, Kamis (3/6/2021). Laga ini diprediksi bakal berlangsung krusial buat kedua tim.

Laga melawan Thailand menjadi panggung pertama buat pelatih Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia senior dalam ajang resmi. Debut ini sudah dinantikan Shin Tae-yong sejak ditunjuk menukangi Tim Merah-Putih pada Desember 2019.

Namun, pandemi COVID-19 membuat seluruh agenda sepak bola termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 mengalami penundaan selama setahun lebih. Kini, Shin Tae-yong punya kesempatan untuk membuktikan kualitasnya bersama Timnas Indonesia.

Pelatih Shin Tae-yong sadar timnya bakal masih punya kelemahan. Hal itu dibuktikan dalam dua laga uji coba di mana menelan kekalahan beruntun dan kebobolan dua gol.

"Kekurangan tim saat ini, pertama ada di barisan belakang. Dengan pemain yang sekarang, memang kami harus memperbaiki satu demi satu," kata Shin Tae-yong.

"Mulai dari passing hingga performa mereka selama pertandingan. Selain itu, serangan balik kami juga masih kurang. Secara keseluruhan memang masih banyak kekurangan dan akan kami perbaiki satu demi satu," tegas Shin Tae-yong.

Untuk menggempur lini pertahanan Thailand, Timnas Indonesia diprediksi akan menggunakan skema andalan 4-4-2. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman mendukung serangan dari sektor sayap untuk menyuplai bola kepada duet Kushedya Hari Yudo serta Saddam Gaffar.

Secara matematis, laga melawan Thailand sejatinya sudah tidak menentukan apapun buat Timnas Indonesia. Hal itu terjadi setelah lima kekalahan beruntun yang dialami membuat Tim Garuda tersingkir lebih cepat dari Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski demikian, laga ini sangat krusial dan penting buat pelatih Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia. Laga ini bisa dimaksimalkan sebagai ajang perbaikan peringkat FIFA.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Ambisi Besar

Pelatih Thailand, Akira Nishino, menegaskan kemenangan atas Timnas Indonesia menjadi harga mati buat Timnas Thailand. Seperti diketahui, tim berjulukan Gajah Perang itu membutuhkan poin penuh untuk menjaga asa di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Thailand saat ini berada di peringkat ketiga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan delapan poin. Thailand tertinggal tiga angka dari Vietnam yang menjadi pemuncak grup.

"Penting untuk meraih kemenangan melawan Indonesia karena akan menciptakan momentum positif menuju dua pertandingan tersisa," kata Akira Nishino seperti dikutip situs resmi AFC.

Namun, Akira Nishino sadar laga melawan Timnas Indonesia tak akan mudah. Apalagi, Thailand punya waktu persiapan mepet dan tak akan diperkuat dua pemain penting, yakni Chanathip Songkrasin dan Theerathon Bunmathan.

"Meskipun itu akan sulit bagi kami karena para pemain memiliki waktu terbatas untuk berlatih bersama-sama dan kami juga kehilangan dua pemain kunci yang bermain di J-League," tegas Akira Nishino.

Timnas Thailand diprediksi akan menggunakan skema andalan 4-2-3-1 untuk menahan arus serangan Timnas Indonesia. Suphanat Mueanta akan diplot sebagai ujung tombak.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Thailand (4-2-3-1): Siwarak Tedsungnoen (kiper), Jaturapat Sattham, Pansa Hemviboon, Pawee Tanthatemee, Tristan Do (belakang), Peeradon Chamratsamee, Phanuphong Phonsa, Sumanya Purisai, Santipap Ratniyorm, Sivakorn Tiatrakul (tengah), Suphanat Mueanta (depan)

Pelatih: Akira Nishino (Jepang)

Timnas Indonesia (4-4-2): Adi Satryo (kiper), Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (belakang), Evan Dimas, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman (tengah), Kushedya Hari Yudo, Saddam Gaffar (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Video Populer

Foto Populer