Sukses


Duel Bek Tengah Thailand Vs Timnas Indonesia: Adu Tangguh Pansa Hemviboon dan Ryuji Utomo

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia diĀ Al Maktoum Stadium, Dubai, Kamis (3/6/2021). Pertarungan ini akan sangat menarik di setiap lini, tak terkecuali di lini pertahanan.

Duel antara Thailand kontra Timnas Indonesia ini memang diwarnai misi berbeda dari masing-masing tim. Thailand ingin memenangi laga ini demi memperbesar asa lolos ke babak selanjutnya dalam kualifikasi Piala dunia 2022, sementara Timnas Indonesia yang sudah tidak punya kans ke Qatar 2022 ingin memperbaiki peringkat FIFA.

Pertarungan antara dua tim dengan tradisi kuat sepak bola di Asia Tenggara itu juga menghadirkan pertarungan antara dua pelatih dengan latar belakang Piala Dunia 2018. Akira Nishino yang menangani Thailand adalah pelatih Timnas Jepang di Rusia 2018, sementara Shin Tae-yong saat itu menangani Timnas Korea Selatan.

Tidak hanya menanti aksi lini serang masing-masing tim, lini pertahanan pun akan menjadi sorotan. Tim yang lengah di pertahanan bisa dipastikan bakal kalah dalam pertandingan ini. Apalagi dalam dua laga uji coba sebelum bertarung, kedua tim sama-sama gagal menoreh cleansheet.

Thailand kalah 0-1 dari Oman dan bermain imbang 2-2 kontra Tajikistan. Sementara itu, Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Afghanistan dan 1-3 dari Oman. Artinya, ujian sebenarnya dalam pertandingan kali ini juga tak lepas dari perlunya soliditas di lini pertahanan.

Bola.com memilih satu pemain dari masing-masing tim, baik Thailand dan Timnas Indonesia, yang berpotensi menjadi andalan dari pelatih masing-masing untuk memperketat pertahanan dan memperbesar kans meraih kemenangan dalam pertandingan ini. Berikut ulasannya:

Video

2 dari 3 halaman

Pansa Hemviboon

Pansa Hemviboon merupakan satu di antara beberapa pemain senior yang masih dibawa oleh Akira Nishino dalam pertarungan di fase Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ini. Dengan usia yang telah mencapai 30 tahun, Pansa Hemviboon menjadi teladan dan tandem bek-bek muda Thailand untuk mengawal lini pertahanan tim Gajah Perang.

Pansa Hemviboon merupakan pemain yang sudah mendapat kesempatan bermain bersama Timnas Thailand sejak 2017. Dalam 23 penampilan bersama Changsuek, bek tengah yang satu ini tak hanya mampu mengawal lini pertahanan, tapi juga membantu penyerangan lewat empat gol yang sudah dicetaknya hingga sejauh ini.

Bicara soal torehan gol, Timnas Indonesia perlu waspada. Pansa Hemviboon punya pengalaman membobol gawang Tim Garuda di Piala AFF 2018 lalu, tepatnya mencetak gol kedua Thailand saat menang 4-2 atas Timnas Indonesia di Stadion Rajamangala, Bangkok, 17 November 2018.

Artinya bukan hanya lini serang Timnas Indonesia saja yang harus bekerja keras mengatasi perlawanan dari pemain berusia 30 tahun ini, tapi lini pertahanan Tim Garuda juga wajib waspada ketika sang pemain maju ke depan membantu penyerangan dalam situasi-situasi bola mati.

3 dari 3 halaman

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo akan menjadi pemain yang paling penting di lini pertahanan Timnas Indonesia dalam pertandingan kontra Thailand. Memang, mantan pemain Persija Jakarta ini belum diturunkan Shin Tae-yong dalam dua pertandingan uji coba menghadapi Tajikistan dan Oman.

Namun, bukan tidak mungkin ini merupakan bagian dari strategi Shin Tae-yong untuk pemain berusia 25 tahun itu. Boleh dibilang Ryuji Utomo merupakan satu di antara beberapa bek berpengalaman di skuad Tim Garuda kali ini. Selain itu, pengalaman bermain di Liga Thailand akan menjadi modal bagus lainnya bagi Ryuji.

Berbekal bermain di Thailand bersama PTT Rayong, Ryuji Utomo punya gambaran bagaimana menghadapi pemain-pemain Thailand yang dikenal sangat kuat dan memiliki kecepatan saat menyerang. Shin Tae-yong hanya perlu mencari tandem kuat untuk menemani Ryuji di pusat pertahanan timnya dalam pertandingan ini.

Video Populer

Foto Populer