Sukses


Duel Kreator Thailand Vs Timnas Indonesia: Pembuktian Jakkaphan Kaewprom dan Adam Alis

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Al Maktoum Stadium, Dubai, Kamis (3/6/2021). Pertarungan ini akan sangat menarik di setiap lini, terutama di lini serang.

Duel antara Thailand kontra Timnas Indonesia ini diwarnai misi berbeda dari masing-masing tim. Thailand berusaha menang demi asa lolos ke babak selanjutnya dalam kualifikasi Piala dunia 2022, sementara Timnas Indonesia yang sudah tidak punya kans ke Qatar 2022 ingin memperbaiki peringkat FIFA.

Aksi lini serang masing-masing tim tentu akan paling dinantikan. Namun, tak hanya di posisi penyerang, mereka yang berada di garis kedua dan menjadi pembangun serangan pun tak boleh luput dari perhatian.

Dalam dua laga uji coba yang masing-masing dilakukan oleh kedua tim sebelum pertandingan ini, boleh dibilang perolehan gol tak cukup memuaskan. Thailand hanya mencetak dua gol yang dicetak ke gawang Tajikistan, sementara tanpa gol ketika kalah dari Oman.

Sementara itu, Timnas Indonesia mengemas tiga gol, yang didapatkan dari dua kekalahan, masing-masing 2-3 dari Afghanistan dan 1-3 dari Oman.

Kreasi yang dibuat oleh playmaker dari masing-masing tim akan turut menentukan bagaimana serangan bisa berbuah gol pada laga kali ini. Apalagi dalam pertemuan ini, kedua tim sama-sama tidak diperkuat oleh playmaker yang selama ini menjadi andalan.

Thailand tidak bisa memainkan Chanathip Songkrasin yang masih mengalami cedera sehingga tidak dipanggil oleh Akira Nishino. Kemudian Timnas Indonesia juga tidak memainkan Stefano Lilipaly yang tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong memperkuat Tim Garuda untuk menjalani tiga pertandingan di Dubai.

Namun, tentunya masing-masing tim sudah mempersiapkan sosok lain untuk menjadi playmakerBola.com memilih satu pemain dari masing-masing tim, baik Thailand dan Timnas Indonesia, yang berpotensi menjadi andalan sebagai playmaker. Berikut ulasannya:

Video

2 dari 3 halaman

Tanpa Chanathip Songkrasin, Thailand Punya Jakkaphan Kaewprom

Akira Nishino mengakui bahwa tidak hadirnya Chanathip Songkrasin di dalam skuad Thailand kali ini cukup memberikan pengaruh besar. Pemain yang berkarier di Liga Jepang itu memang dalam beberapa tahun terakhir sudah menjadi andalan dalam membangun serangan Changsuek.

Tanpa Chanathip, Akira Nishino sudah menjajal Jakkaphan Kaewprom di posisi playmaker dalam laga uji coba kontra Tajikistan, di mana kedua tim bermain imbang 2-2. Dua gol yang dicetak Suphanat Mueanta juga tak lepas dari kepiawaian Jakkaphan Kaewprom.

Gelandang senior yang sudah 22 kali memperkuat Timnas Thailand dan menyumbang dua gol tersebut akan memiliki peran penting saat menghadapi Timnas Indonesia.

Pergerakannya perlu diwaspadai oleh gelandang bertahan serta para pemain bertahan Timnas Indonesia. Bukan tidak mungkin aliran bola dari kakinya menjadi ancaman nyata yang berbuah gol di gawang Timnas Indonesia.

3 dari 3 halaman

Momen Penting Adam Alis

Sejak mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan, Adam Alis berhasil membuat pelatih asal Korea Selatan itu jatuh hati terhadap permainannya.

Etos kerja Adam Alis yang dilengkapi dengan skill mumpuni sebagai playmaker yang mampu bermain di beberapa posisi berbeda membuatnya kembali mendapatkan tempat di Timnas Indonesia.

Pemain asal Jakarta yang sempat menjadi pemain muda terbaik di Piala Presiden 2017 itu pun mampu membayar kepercayaan Shin Tae-yong dengan baik dalam beberapa laga uji coba, baik ketika menghadapi Tira Persikabo dan Bali United pada awal tahun, maupun ketika menjalani uji coba di Dubai sebelum mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Adam Alis berhasil mencetak gol ke gawang Afghanistan. Gol tersebut menghindarkan Timnas Indonesia dari kekalahan telak dalam laga uji coba pertama Tim Garuda di Dubai. Bahkan Shin Tae-yong kemudian memberinya kesempatan menjadi starter dalam laga uji coba kedua kontra Oman.

Sempat disebut-sebut sebagai anak emas Shin Tae-yong, Adam Alis punya potensi besar untuk kembali menjadi starter dalam laga kontra Thailand ini. Menarik untuk menyaksikan aksinya sebagai playmaker untuk membantu Tim Garuda mencari gol-gol demi kemenangan.

Video Populer

Foto Populer