Sukses


5 Fun Facts Timnas Indonesia Vs Thailand 2-2: Rekor Evan Dimas dan Tentu Saja, Shin Tae-yong!

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia sukses memetik satu poin dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Thailand. Duel itu berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (4/6/2021) dinihari WIB.

Dua kali tertinggal, dua kali pula Timnas Indonesia menyamakan skor dalam laga yang berlangsung ketat dan sengit ini.

Thailand sempat lebih dulu unggul melalui Narubadin Weerawatnodom (5’) dan kemudian disamakan oleh Kadek Agung pada 45 menit pertama.

Sementara di babak kedua, Thailand kembali unggul melalui aksi Adisak Kraisorn pada menit ke-50. Namun lagi-lagi Timnas Indonesia sukses memaksa laga berakhir imbang saat Evan Dimas (60’) mencetak gol penyama.

Timnas Indonesia terlihat sempat kesulitan mengimbangi permainan Thailand. Kurangnya antisipasi membuat skuat Garuda kebobolan dalam menit-menit awal dua babak.

Namun, tim arahan Shin Tae-yong yang didominasi oleh pemain muda itu perlahan mampu memberi perlawanan. Hasilnya, Evan Dimas dkk. mampu mencetak dua kali gol penyama kedudukan.

Pertandingan ini melahirkan sedikitnya lima fakta unik yang menghiasi kiprah Timnas Indonesia dan para pemainnya. Simak ulasan dari Bola.com berikut ini:

Video

2 dari 6 halaman

1. Poin Pertama

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia meraih satu poin yang sekaligus menjadi poin pertama selama Grup G. Sebelumnya, Tim Merah Putih gagal mendapat poin dalam lima pertandingan alias selalu kalah di bawah arahan pelatih Simon McMenemy.

Sayangnya, Timnas Indonesia masih menduduki posisi juru kunci dan tertinggal dari Vietnam (11 poin), Uni Emirat Arab (9), Thailand (9), dan Malaysia (9). Evan Dimas dkk. juga dipastikan tidak akan bisa menembus putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Akan tetapi, Skor imbang ini berpotensi menjadi titik awal kebangkitan Timnas Indonesia di kancah internasional. 

3 dari 6 halaman

2. Rekor Evan Dimas

Gelandang Evan Dimas bertindak sebagai kapten memimpin rekan-rekannya dalam pertandingan. Selain sumbangan satu gol, pemain asli Surabaya itu memiliki catatan rekor individu tampil sejak menit pertama.

Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang sudah pernah menghadapi Timnas Thailand senior sebelum laga ini digelar. Maklum, kebanyakan pemain lainnya memang masih muda dan rata-rata berusia di bawah 25 tahun.

Pemain berusia 26 tahun itu tercatat telah tampil dalam tiga pertandingan, masing-masing dua kali di SEA Games dan sekali di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Uniknya, tiga pertandingan itu selalu berakhir dengan kekalahan.

Artinya, Evan Dimas untuk kali pertama membawa Timnas Indonesia tidak takluk dari Thailand dalam pertandingan ini. Evan pula yang menjadi pemain yang menghindarkan Tim Merah Putih dari kekalahan lewat golnya pada menit ke-60.

4 dari 6 halaman

3. Shin Tae-yong Tak Terkalahkan

Seperti diketahui, duel ini mempertemukan dua pelatih yang sama-sama pernah menangani timnas di Piala Dunia 2018 di Rusia. Keduanya adalah Akira Nishino (Jepang) dan Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Seperti diketahui, Jepang dan Korea Selatan merupakan dua tim tradisional asal Asia yang kerap memberi kejutan di Piala Dunia. Akira Nishino dan Shin Tae-yong tercatat tidak pernah saling berhadapan saat masih berkarier sebagai pemain. Namun, mereka pernah bertemu sebagai pelatih.

Momen itu terjadi pada babak 16 besar Liga Champions Asia 2010 antara Seongnam Ilhwa melawan Gamba Osaka, tepatnya pada 11 Mei 2010.

Shin Tae-yong, yang ketika itu membesut Seongnam Ilhwa, berhasil mengalahkan Akira Nishino yang menukangi Gamba Osaka dengan skor 3-0 di Tancheon Sports Complex, Seongnam. Duel itu jadi satu-satunya rapor pertemuan Shin Tae-yong dengan Akira Nishino.

Artinya, hasil imbang melawan Thailand ini mempertahankan rekor tak terkalahkan Shin Tae-yong atas Akira Nishino.

5 dari 6 halaman

4. Kushedya Hari Yudo Pemain Tertua

Seperti diketahui, pelatih Shin Tae-yong memanggil mayoritas pemain muda untuk tampil dalam pertandingan ini.  Kushedya Hari Yudo jadi pemain tertua di dalam skuatnya dengan usia yang masih 27 tahun.

Kebanyakan pemain lainnya masih berusia di bawah 25 tahun dan belum berpengalaman bersama Timnas Indonesia senior. Sebut saja Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, Kadek Agung, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dll.

6 dari 6 halaman

5. Hasil Imbang Kontra Thailand

Hasil imbang antara Timnas Indonesia kontra Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 merupakan yang pertama sejak SEA Games 2001. Setelah momen itu, laga Timnas Indonesia vs Thailand selalu berakhir dengan pemenang.

Kedua tim beberapa kali bertemu di SEA Games dan laga persahabatan dengan total sebanyak sembilan pertemuan sejak 2001 sebelum duel ini. Hasilnya, Thailand lebih mendominasi dengan enam kemenangan, berbanding hanya tiga menang saja untuk Timnas Indonesia.   

Video Populer

Foto Populer