Sukses


Liga 1: RD Menjamin Pemain Asing Baru Madura United Akan Bisa Bermain di 2 Posisi Berbeda

Bola.com, Bangkalan - Madura United baru saja melepas dua pemainnya, Bruno Lopes dan Marckho Sandy Meraudje. Tidak butuh waktu lama bagi Laskar Sape Kerap itu untuk mencari penggantinya, terutama pemain asing. Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengaku sudah mengantongi pengganti Bruno Lopes.

Kabarnya pemain asing baru itu akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat. Rahmad Darmawan mengakui pengganti pemain asing asal Brasil itu punya kemampuan untuk bermain lebih dari satu posisi.

"Bruno kami ganti dengan pemain yang bisa menempati dua posisi, striker dan winger. Pekan ini rencananya sudah masuk Indonesia dan langsung proses karantina," ujar pelatih yang karib disapa RD itu.

Namun, hingga saat ini belum dirilis siapa pemain asing Madura United yang dimaksud RD itu. Satu hal yang pasti, RD melihat kemampuan sang pemain untuk bermain di dua posisi sebagai nilai tambah.

Ini sudah menjadi karakter RD. Dia sering merekrut pemain asing yang bisa mengisi lebih dari satu posisi.

Sebelum menangani Madura United, ia pernah melakukan hal serupa ketika menangani Sriwijaya FC. Dia membuat Keith Kayamba Gumbs bermain sebagai striker, sayap, atau gelandang serang. Ketika menangani Arema FC, dia sempat mengubah posisi Therry Gathuessi dari stopper menjadi bek kiri. Begitu juga ketika ia menangani klub lain.

Video

2 dari 2 halaman

Bruno Lopes Pergi, Tiga Pemain Asing Lain Aman

Kembali ke persoalan Bruno Lopes, pemain berusia 34 tahun itu sempat dijajal bermain dalam dua posisi berbeda, yaitu gelandang serang dan striker. Namun, performa pemain asal Brasil itu belum memuaskan di Piala Menpora 2021, sehingga kontraknya tidak lagi berlanjut.

Penampilannya dirasa berbeda jika dibandingkan ketika Bruno Lopes membela Persija Jakarta pada 2017. Kala itu, ia mampu mencetak 10 gol dalam 29 penampilannya di Liga 1.

Sebenarnya Bruno memiliki pengalaman yang mentereng. Ia datang ke Indonesia pada 2017 dengan status marquee player. Ketika itu PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi memperbolehkan klub merekrut pemain asing tambahan dengan syarat pernah berkiprah di Piala Dunia atau main di kompetisi tertinggi negara besar Eropa.

Bruno Lopes pernah bermain di kompetisi kasta tertinggi Portugal bersama Estoril pada 2013 hingga 2015. Bahkan di sana ia tak hanya sebagai pelengkap. Ia tercatat bermain dalam 31 laga meski hanya mencetak tiga gol saja.

Berbeda dengan nasib Bruno Lopes, tiga pemain asing Madura United lainnya sudah dipertahankan, yaitu Jaimerson Xavier, Jacob Pepper, dan Hugo Gomes dos Santos.

Mereka akan tetap menajdi andalan di Liga 1 2021. RD melihat ketiga pemain asing itu bisa membuat timnya menjadi lebih tangguh.

Selain itu, mereka pun sudah menyatu dengan tim. Hugo Gomes yang baru didatangkan jelang Piala Menpora 2021 juga dianggap punya skill yang oke, sehingga ia langsung mendapatkan kontrak untuk Liga 1.

Video Populer

Foto Populer