Sukses


Persiapan Timnas Indonesia Putri ke SEA Games 2021 Terbantu Gerakan Sepak Bola Wanita

Bola.com, Tangerang - Persiapan Timnas Indonesia Putri untuk SEA Games 2021 terbantu dengan adanya Gerakan Sepak Bola Wanita Indonesia (GSWI).

GSWI baru menuntaskan penyusunan program kerja di Hotel Pakons, Tangerang, Minggu (6/6/2021) setelah menggelar musyawarah virtual bersama 26 provinsi pada 26 Mei 2021.

Kepala Departemen Sepakbola Wanita PSSI, Papat Yunisal mendukung niatan GSWI menggelar turnamen sepak bola wanita. Dia berharap GSWI dapat membantu Timnas Indonesia Putri untuk SEA Games 2021 mengingat absennya Liga 1 Putri di musim ini.

"Jadi Timnas Indonesia Putri level senior itu ke akan ke Piala AFF dan SEA Games 2021. Kami mau fokus satu, ke SEA Games 2021. Kenapa kami menyusun kerjasama dengan GSWI? Karena ada beberapa turnamen," kata Papat Yunisal.

"Karena tidak hanya di seputaran Asia Tenggara, tapi kami juga dapat undangan dari turnamen lain seperti Gothia Cup, Genesys, dan lain lain. Kami mungkin akan bekerja sama dengan ini dan membina turnamen level usia. Kalau nanti ada turnamen lainnya, akan kami arahkan di usia berapa yang kami butuhkan. Jangan sampai GSWI mengadakan U-18 tapi kami butuh U-15," imbuh Papat Yunisal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Latar Belakang

GSWI didirikan untuk menjadi wadah pengembangan sepak bola wanita. Sebab selama ini, sepak bola untuk kaum hawa tidak pernah diproritaskan seperti laki-laki.

"Latar belakang organisasi ini yaitu kami ingin menggaungkan atau memajukan GSWI seperti apa yang telah disampaikan Ibu Papat Yunisal sebagai perwakilan PSSI, bahwa banyak kiprah wanita atau gerakan sepak bola ini atau bahwa persatuan sepakbola ini yang sudah berkiprah di kancah internasional," kata Ketua DPP GSWI, Nadalsyah.

"Akan tetapi, banyak yang tidak tahu bahwa perempuan juga bisa membawa nama harum bangsa Indonesia di kancah internasional. Inilah yang akan kami angkat nanti. Inilah yang akan kami gaungkan. Kami bersama-sama dari 34 provinsi di Indonesia mau berkembang dengan pesat GSWI," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Berencana Membuat Turnamen Level Usia

GSWI berencana untuk menggelar turnamen sepak bola putri level usia setelah Liga 1 putri musim ini tidak digelar.

"Insyaallah ada turnamen. Kami usulkan nanti ada Liga 1, Liga 2, dan seterusnya. Supaya apa yang saya sampaikan tadi, bahwa GSWI harus ini diketahui oleh masyarakat Indonesia," terang Nadalsyah.

"Nanti ada turnamen U-14, U-16, U-19, dan U-23. Untuk turnamen U-23, berlangsung tahun ini. Babak semifinal dan final digelar di Muara Teweh, Kalimantan Tengah. Itu target tahun pertama. Kami akan laksanakan di semua provinsi," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah tersebut.

Video Populer

Foto Populer