Jelang Liga 1, PSIS Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat Demi Terhindar dari Ancaman COVID-19

Oleh Vincentius Atmaja pada 07 Jun 2021, 23:15 WIB
Diperbarui 07 Jun 2021, 23:15 WIB
Pemain PSIS Lakukan SWAB
Penggawa PSIS Semarang, saat menjalani agenda swab rutin sebelum latihan awal pekan, Senin (7/6/2021). (Dok PSIS Semarang)

Bola.com, Semarang - Skuad PSIS Semarang tak ingin kecolongan di masa pandemi COVID-19 yang masih terus mengancam. Seluruh pemain, jajaran pelatih, maupun ofisial tim Mahesa Jenar secara rutin dikontrol kesehatannya.

Agenda swab antigen rutin dilakukan setiap seminggu sekali, pada awal pekan menjelang latihan. Kegiatan dari tim kesehatan PSIS ini sebagai bentuk pencegahan wabah virus corona yang bisa menyerang setiap saat.

Seperti yang dilakukan oleh para pemain PSIS saat menjalani tes kesehatan berupa swab antigen, Senin (7/6/2021). Adapun hasilnya cukup menggembirakan karena tidak ada yang terindikasi positif COVID-19 di lingkungan tim PSIS.

Meski demikian, dokter tim PSIS Semarang, Alfan Nur Asyhar menilai bahwa hasil tersebut tidak serta merta membuat tim lengah dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) selama latihan menuju Liga 1 2021 berjalan.

"Kami dari tim medis selalu mengingatkan kepada seluruh anggota tim agar patuh terhadap prokes demi menjaga kesehatan individu, tim, dan keberlangsungan Liga 1," terangnya.

"Selain swab antigen, pengecekan suhu tubuh dan saturasi oksigen dilakukan dua kali setiap harinya," beber Alfan Nur Asyhar.

 

2 dari 3 halaman

Beberapa Aturan Main

PSIS Semarang
Sesi latihan skuad PSIS Semarang di Stadion Citarum, Kamis (27/5/2021). (Dok PSIS Semarang)

Selain secara rutin dicek kondisi kesehatannya, para pemain dan elemen di PSIS juga diwajibkan menjalani aturan main untuk perlindungan kesehatan. Yakni kebiasan-kebiasan yang harus dilakukan demi terjaganya kualitas kesehatan di tengah pandemi.

Aturan main tim kesehatan PSIS untuk pemain maupun staf pelatih dan ofisial meliputi: penggunaan masker di setiap kegiatan tim dan di luar ruangan, sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Pemain juga dilarang berfoto dengan fans saat di mess atau stadion saat latihan maupun pertandingan. Segera lapor jika kondisi tubuh tidak sehat. Pemain PSIS juga mendapat vitamin setelah latihan.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada suporter yang bisa mengkondisikan, bekerjasama menyelaraskan prokes ini. Serta manajemen tim PSIS yang selalu mendukung pentingnya protokol kesehatan," jelas Alfan Nur Asyhar. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓