Sukses


Dibantai Vietnam 0-4, Timnas Indonesia Asuhan Shin Tae-yong Ulangi Memori Kelam 58 Tahun Silam

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia dipaksa menelan kekalahan telak 0-4 dari Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia yang digelar di Stadion Al-Maktoum, Senin (7/6/2021) malam WIB. Kekalahan ini mengulang memori kelam 60 tahun silam.

Timnas Indonesia awalnya mampu menahan gempuran bertubi-tubi yang dilakukan Vietnam pada babak pertama. Namun, kukuhnya tembok pertahanan Tim Garuda akhirnya roboh juga begitu memasuki paruh kedua laga.

Gawang Timnas Indonesia kawalan Nadeo Argawinata secara bergantian dibobol Nguyen Tien Linh (51'), Nguyen Quang Hai (62'), Nguyen Cong Phuong (67'), Vu Van Thanh (74'). Hingga laga usai, tak ada gol yang mampu dicetak pasukan Shin Tae-yong.

Menurut catatan RSSSF, kekalahan dengan skor telak 0-4 ini menjadi yang pertama dalam 58 tahun terakhir dialami Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Terakhir kali Timnas Indonesia kalah dari Vietnam dengan empat gol terjadi pada 25 Oktober 1962.

Vietnam saat itu masih menggunakan nama Vietnam Selatan. Timnas Indonesia dipaksa menyerah 0-4 pada laga Vietnam National Day Tournament yang digelar di Saigon (kini dikenal Ho Chi Minh City).

Setahun sebelumnya di tempat yang sama, tepatnya pada 21 Oktober 1961, Timnas Indonesia juga menyerah 1-4 dari Vietnam Selatan. Setelah itu, Timnas Indonesia hampir tidak pernah lagi kalah dari Vietnam dengan skor mencolok.

Vietnam jarang mampu mampu mengalahkan Timnas Indonesia dengan selisih dua gol. Tercatat hanya dua kali, yakni pada final Quoc Khanh 1974 saat menang 2-0 dan pada pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor 3-1.

Jadi, bisa disebut Shin Tae-yong menorehkan catatan buruk bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam. Hal ini tentu menjadi bahan evaluasi tersendiri buat pelatih asal Korea Selatan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Berubah Cepat

Shin Tae-yong menegaskan para pemain Timnas Indonesia sudah maksimal dalam pertandingan melawan Vietnam. Namun, berubahnya tempo pertandingan dengan cepat membuat timnya kewalahan.

"Kami bermain dengan 100 persen kekuatan. Sebelum pertandingan, saya prediksi pertandingan ini akan 50-50 dan menyulitkan untuk kedua tim. Namun, tempo dalam pertandingan berubah dengan cepat," tegas Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia menyisakan satu laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Evan Dimas dkk akan menghadapi Uni Emirat Arab di Zabeel Stadium pada 11 Juni 2021.

Video Populer

Foto Populer