Sukses


Peta Persaingan Bali United di Piala AFC 2021: Dikepung Para Juara

Bola.com, Jakarta - Bali United akan mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Tim Serdadu Tridatu bisa berlaga di Piala AFC dengan status juara Liga 1 2019.

Tak selesainya Piala AFC 2020 akibat pandemi COVID-19 membuat kontestan diberi kesempatan kembali tampil pada edisi 2021. Bali United menjadi yang beruntung karena tak perlu mengikuti jalur play-off.

Meski demikian, perjalanan Bali United musim ini diprediksi tak akan mudah. Bali United tergabung di Grup G Piala AFC 2021 bersama Hanoi FC (Vietnam), Boeung Ket (Kamboja), dan pemenang duel Chanthabouly (Laos) melawan Kasuka (Brunei Darussalam).

Mayoritas lawan yang akan dihadapi Bali United adalah klub-klub yang menjadi juara di negaranya, Kecuali Kasuka yang merupakan runner-up Liga Super Brunei 2018/2019.

Bali United belum sekalipun bertemu lawan-lawan di atas. Mereka juga tercatat tak punya pencapaian panjang di kompetisi elite Asia tersebut.

Hanoi FC contohnya baru tampil empat kali di Piala AFC. Hanoi FC merupakan juara Piala Vietnam 2020 sekaligus runner-up V-League 2020 dengan pencapaian terbaik di Piala AFC adalah perempat final pada edisi 2014.

Sementara itu, Boeung Ket merupakan juara Liga Kamboja 2020. Pencapaian terbaik Boeung Ket adalah penyisihan grup dari dua edisi yang pernah dimainkan di Piala AFC.

Sementara itu, Chanthabouly merupakan juara Liga Primer Laos 2020. Chanthabouly sudah enam kali tampil di Piala AFC dan semuanya hanya bertahan sampai penyisihan grup. Adapun bagi Kasuka, jika lolos ke Piala AFC 2021 maka ini menjadi debut mereka.

Dengan demikian, secara kualitas semua calon lawan Bali United patut diwaspadai. Apalagi mereka belum pernah bertemu satu sama lainnya di kompetisi Asia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Perbaiki Sejarah

Piala AFC 2021 menjadi edisi ketiga bagi Bali United. Pada dua edisi sebelumnya, Tim Serdadu Tridatu belum mampu menunjukkan penampilan terbaik.

Debut Bali United di Piala AFC terjadi pada musim 2018. Ketika itu, mereka hanya mampu mencapai babak penyisihan grup karena tak mampu bersaing.

Bali United menghuni dasar klasemen dengan raihan lima poin dari enam pertandingan. Stefano Lilipaly dkk. kemudian kembali tampil di Piala AFC pada edisi 2020.

Namun, pandemi COVID-19 membuat musim tersebut berhenti di tengah jalan. Pada klasemen akhir, Bali United berada di urutan buncit dengan raihan tiga poin dari tiga pertandingan.

Piala AFC 2021 menjadi momentum yang tepat bagi Bali United dalam memperbaiki catatan sejarah. Apalagi, klub asuhan Stefano Teco itu dihuni pemain-pemain berkualitas.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap di Piala AFC 2021

  • 30/6/2021 - Bali United Vs Boeung Ket
  • 3/72021 - Pemenang jalur play-off Vs Bali United
  • 6/7/2021 - Hanoi FC Vs Bali United

Video Populer

Foto Populer