Sukses


Deretan Momen Kontroversial Laga Timnas Vietnam Vs Indonesia: Gol Pertama Handball, Ada yang Berbau Offside sampai Asnawi Dorong Wasit

Bola.com, Dubai - Selain seru dan panas, berbagai kejadian kontroversial juga terjadi di partai Timnas Vietnam kontra Timnas Indonesia. Mulai dari gol berbau handball, offside, hingga kartu kuning untuk Shin Tae-yong.

Vietnam berhasil menggulung Timnas Indonesia 4-0 pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Al Maktoum Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/6/2021).

Setelah bermain imbang pada babak pertama, Vietnam mampu berpesta empat gol ke gawang Timnas Indonesia di paruh kedua melalui Nguyen Tien Linh pada menit ke-51, Nguyen Quang Hai menit ke-62, Nguyen Cong Phuong menit ke-67, dan Vu Vanh Thanh menit ke-74.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menganggap gol pertama Vietnam seharusnya tidak disahkan oleh wasit Ahmad Alali karena Nguyen Tien Linh menyentuh bola dengan tangan sebelum mencetak gol.

Dari tayangan ulang yang diunggah di channel YouTube SCTV, bola rebound tendangan Nguyen Tien Linh memantul mengenai tangannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Pemain Vietnam Handball

Gol Nguyen Tien Linh lahir dari kesempatan keduanya. Pada kans pertama, sepakan striker bernomor punggung 22 itu diblok oleh Arif Satria dan memantul mengenai tangannya.

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata sempat mengangkat satu tangan untuk memberitahu wasit Ahmad Alali bahwa Nguyen Tien Linh handball. Namun, pengadil pertandingan asal Kuwait itu tidak menggubris.

Setelah menyentuh tangan, bola lalu jatuh ke kaki Nguyen Tien Linh. Penyerang berusia 23 tahun itu melepaskan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang Timnas Indonesia.

Bola tendangan Nguyen Tien Linh sebenarnya tidak begitu kencang. Namun, Nadeo Argawinata hanya terpana melihat bola. Kiper berusia 24 tahun itu terlanjur kehilangan fokus setelah melihat sang lawan menyentuh bola dengan tangan.

Momen handball Nguyen Tien Linh itu terjadi pada menit ke-4 detik ke-59 dalam "Highlight Vietnam VS Indonesia | Kualifikasi Piala Dunia 2022" di channel YouTube SCTV.

3 dari 6 halaman

Asnawi Mangkualam Dorong Wasit

Setelah wasit Ahmad Alali mengesahkan gol tersebut, Nadeo Argawinata bereaksi keras. Penjaga gawang Bali United itu melancarkan protes yang berujung kartu kuning.

Momen itu terjadi pada menit ke-4 detik ke-46 dalam "Highlight Vietnam VS Indonesia | Kualifikasi Piala Dunia 2022" di channel YouTube SCTV.

Selain Nadeo Argawinata, empat pemain Timnas Indonesia yaitu Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, dan Rachmat Irianto mengerubungi wasit Ahmad Alali karena tidak puas dengan keputusan tersebut.

Gesture Asnawi Mangkualam begitu agresif dalam memprotes wasit Ahmad Alali. Bek Ansan Greeners di Liga Korea Selatan itu bahkan sampai mendorong pengadil pertandingan.

Insiden Asnawi Mangkualam mendorong Ahmad Alali terjadi pada menit ke-5 detik ke-6 dalam "Highlight Vietnam VS Indonesia | Kualifikasi Piala Dunia 2022" di channel YouTube SCTV.

4 dari 6 halaman

Gol Ketiga Vietnam Offside?

Gol ketiga Vietnam juga berbau kontroversi. Sebelum menerima umpan sundulan dari Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong terlihat dalam posisi offside.

Posisi Nguyen Cong Phuong sebelum mencetak gol dapat disaksikan pada menit ke-5 detik ke-50 "Highlight Vietnam VS Indonesia | Kualifikasi Piala Dunia 2022" di channel YouTube SCTV.

Gol Nguyen Cong Phuong berawal dari sepak pojok Luong Xuan Truong.

Umpan lambung Luong Xuan Truong disambut oleh sundulan Nguyen Tien Linh, namun bola malah mengarah ke Nguyen Cong Puong yang berdiri bebas di mulu gawang Timnas Indonesia.

Di sinilah Nguyen Cong Puong diduga dalam posisi offside karena berdiri sedikit di belakang dari pemain terakhir Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Ketika itu, Asnawi Mangkualam keluar dari posisinya menjaga sisi kiri gawang Timnas Indonesia untuk berduel udara dengan Nguyen Tien Linh.

Sebelum menyambar bola tandukan Nguyen Tien Linh, Nguyen Cong Phuong lebih dulu mengganggu posisi Nadeo Argawinata. Penyerang bernomor punggung 10 ini mencoba memecah konsentrasi dengan mendekatkan dirinya ke kiper lawan.

Nguyen Cong Phuong bebas dalam melakukan aksi jahil itu karena tidak ada satu pun pemain Timnas Indonesia yang mencoba mendorongnya keluar dari area Nadeo Argawinata.

Nguyen Cong Phuong juga dalam posisi yang pas menerima sundulan Nguyen Tien Linh. Striker berusia 26 tahun itu tinggal menyambar bola dengan pahanya, yang sempat membentur tubuh Nadeo Argawinata, tapi tetap masuk ke gawang Timnas Indonesia.

5 dari 6 halaman

Shin Tae-yong Dikartu Kuning

Untuk kedua kalinya secara beruntun, Shin Tae-yong dijatuhi kartu kuning oleh wasit di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Ketika Timnas Indonesia mengimbangi Thailand 2-2 pada matchday keenam Grup G, 3 Juni 2021, Shin Tae-yong dikartu kuning oleh wasit Ammar Ebrahim diduga karena protes berlebihan.

Saat Timnas Indonesia telah tertinggal 0-4 dari Vietnam, Shin Tae-yong juga diganjar kartu kuning oleh wasit Ahmad Alali pada menit ke-77, ditengarai lantaran penyebab yang sama.

Shin Tae-yong sempat mencak-mencak dan menghampiri ofisial keempat dan wasit Ahmad Alali untuk menanyakan alasannya dikartu kuning. Untungnya, pelatih asal Korea Selatan itu dapat menahan emosinya.

Kejadian Shin Tae-yong dikartu kuning oleh wasit Ahmad Alali tidak terekam dalam cuplikan pertandingan Vietnam kontra Timnas Indonesia.

Sumber: Channel YouTube SCTV, Mola TV

6 dari 6 halaman

Highlight Vietnam Vs Timnas Indonesia

Anda bisa menyaksikan highlight laga Vietnam Vs Timnas Indonesia di channel YouTube Surya Citra Televisi (SCTV) atau dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer