Piala AFC 2021: Demi Pengalaman Pemain, Jacksen F. Tiago Lebih Suka Persipura Bermain di Luar Negeri

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 09 Jun 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 09 Jun 2021, 16:45 WIB
Persipura Jayapura
Selebrasi tiktok diperagakan pemain Persipura Jayapura setelah Muhammad Tahir menjebol gawang Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo, Surabaya, dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Jumat (13/3/2020). (Bola.com/Gatot Susetyo)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago berharap timnya bisa melakoni pertandingan Piala AFC 2021 di luar negeri. Jacksen berpendapat, bermain di luar negeri bakal memberikan pengalaman berharga untuk anak asuhnya.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sampai saat ini belum memutuskan negara tuan rumah untuk Piala AFC 2021. Hal itu terjadi setelah Singapura mundur sebagai tuan rumah karena COVID-19.

Situasi tersebut membuat seluruh pertandingan penyisihan Grup G yang dihuni Bali United dan Grup H yang diisi Persipura Jayapura belum jelas. Jacksen F. Tiago menilai situasinya saat ini serba sulit karena pandemi COVID-19 yang belum mereda.

"Menurut saya, dengan materi pemain muda yang kami miliki ini, alangkah lebih baik bila kami pergi ke sebuah negara yang baru untuk memberikan pengalaman lebih kepada mereka, supaya proses kematangan mereka dipercepat," kata Jacksen F. Tiago.

"Dari aspek teknis, jelas menguntungkan kami kalau bermain di Indonesia. Akan tetapi dari aspek pengalaman hidup, bermain di luar negeri akan menjadi pengalaman berharga buat anak-anak baru yang ada di Persipura terutama untuk proses pembentukan karakter," tegas pelatih asal Brasil itu.

Persipura Jayapura tergabung di Grup H Piala AFC 2021 bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam). Mereka sama sekali belum pernah berhadapan dengan calon lawan tersebut.

2 dari 3 halaman

TC di Jakarta

Persipura Jayapura
Jacksen Tiago saat memberi instruksi pemain Persipura pada uji coba melawan Persik di Kediri. Meski tempat laga Piala AFC belum jelas, Jacksen tetap fokus menyiapkan tim Persipura. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Persipura Jayapura saat ini masih menggeber persiapan untuk tampil di Piala AFC 2021. Persipura memilih DKI Jakarta sebagai tempat untuk menggelar pemusatan latihan.

Selama di Jakarta, Persipura akan mengukur kemampuan untuk tampil pada laga uji coba. Rencananya, klub berjulukan Mutiara Hitam itu akan menghadapi Persita Tangerang hingga Persib Bandung.

Persipura dikejar waktu untuk segera mematangkan persiapan Piala AFC 2021. Pada laga pembuka yang digelar 29 Juni 2021, Persipura sudah dinanti Kedah Darul Aman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓