Shin Tae-yong Masih Kesal Diganjar Kartu Kuning saat Timnas Indonesia Dibantai Vietnam

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 10 Jun 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2021, 12:00 WIB
Timnas Indonesia - Shin Tae-yong - Kualifikasi Piala Dunia 2022
PPelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam laga melawan Vietnam pada lanjutan Kualifikaunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam WIB. (foto: PSSI)

Bola.com, Dubai - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih mempertanyakan keputusan wasit yang mengganjarnya kartu kuning pada laga kontra Vietnam, Senin (7/6/2021). Dia menilai wasit telah mengambil keputusan yang keliru.

Shin Tae-yong mendapatkan kartu kuning dari wasit Ahmad Alali asal Kuwait. Kartu kuning tersebut diberikan wasit karena pelatih asal Korea Selatan tersebut dianggap melakukan protes berlebihan.

Namun, Shin Tae-yong ternyata belum sepenuhnya ikhlas dengan hukuman itu. Dia menegaskan aksi protes tersebut sudah sesuai aturan dan tidak berlebihan.

"Memang sudah 2 hari berlalu, akan tetapi kenapa saya yang harus mendapatkan kartu kuning? Memangnya pelatih tidak boleh protes tentang yang seharusnya dikasih penalti?" kata Shin Tae-yong.

"Bahkan saya tidak keluar dari technical line. Kesalahan mereka akan tetapi malah menutupinya dengan memberikan kartu kuning kepada pelatih," tegas Shin Tae-yong.

Kartu kuning tersebut menjadi yang kedua diterima Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, dia juga mendapatkan kartu kuning saat Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 kontra Thailand (3/6/2021).

2 dari 3 halaman

Penuh Ekspresi

Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Suporter Timnas, Bendera Indonesia
Timnas Indonesia - Shin Tae-yong, Suporter Timnas, Bendera Indonesia (Bola.com/Adreanus Titus)

Shin Tae-yong memang dikenal sebagai pelatih yang penuh ekspresi. Tak jarang, sang pelatih memberikan instruksi dengan nada tinggi dari pinggir lapangan.

Namun, hal itu dilakukan Shin Tae-yong bukan untuk memarahi pemainnya. Shin Tae-yong berdalih sengaja melakukan itu untuk mengasah mentalitas para pemain Timnas Indonesia.

"Sejujurnya saya tidak marah, hanya berbicara dengan suara keras saja agar bisa mengubah mental-mental pemain," tegas Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓