Sukses


Kabar Buruk! Shin Tae-yong Resmi Dilarang Dampingi Timnas Indonesia Vs UEA

Bola.com, Dubai - Kabar buruk datang untuk Timnas Indonesia jelang pertandingan menghadapi Uni Emirat Arab, Jumat (11/6/2021). Pelatih Shin Tae-yong dilarang mendampingi Evan Dimas dkk karena menerima sanksi akumulasi kartu kuning.

Kartu kuning pertama diterima Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia diimbangi Thailand dengan skor 2-2 pada Kamis (3/6/2021). Pelatih asal Korea Selatan itu kembali mendapatkan kartu kuning saat Timnas Indonesia dibantai 0-4 oleh Vietnam.

Sanksi untuk Shin Tae-yong sudah sesuai dengan aturan pada AFC Competition Operations Manual 2021. Shin Tae-yong bahkan dilarang berada di pinggir lapangan hingga masuk ke ruang ganti pemain Timnas Indonesia.

"Besok Coach Shin tae-yong tidak bisa berada di pinggir lapangan, press conference usai laga, dan juga tidak bisa ke ruang ganti. Akibat akumulasi dua kartu kuning," kata Media Officer PSSI, Bandung Saputra kepada Bola.com, Kamis (10/6/2021). 

"Akan tetapi, bisa ke pre match press conference. Aturan itu ada di AFC Competition Operations Manual 2021 yang berlaku untuk pemain dan ofisial," tegas Bandung Saputra.

Kabar ini tentu saja menjadi kerugian buat Timnas Indonesia. Pertandingan melawan Uni Emirat Arab akan menjadi laga terakhir bagi Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Absennya Shin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia membuat tugasnya akan diambil alih oleh para asisten pelatih Timnas Indonesia. Asisten pelatih Choi In-cheol, Kim Woo-jae, hingga Nova Arianto akan mendampingi Timnas Indonesia agar gaya permainannya sesuai dengan keinginan Shin Tae-yong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Belum Ikhlas

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, masih mempertanyakan keputusan wasit yang memberikan kartu kuning kepadanya ketika pertandingan melawan Vietnam, Senin (7/6/2021). Menurut Shin Tae-yong, keputusan wasit keliru karena dia merasa tidak melakukan hal yang dituduhkan.

Shin Tae-yong membela diri bahwa sikapnya melakukan protes sudah sesuai aturan dan tidak berlebihan. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu menuding wasit sengaja memberikannya kartu kuning untuk menutupi kesalahan dalam pengambilan keputusan karena tak menghadiahi Timnas Indonesia tendangan penalti.

"Memang sudah 2 hari berlalu, tapi kenapa saya yang harus mendapatkan kartu kuning? Memangnya pelatih tidak boleh protes tentang yang seharusnya dikasih penalti?" tanya Shin Tae-yong.

"Bahkan saya tidak keluar dari technical line. Kesalahan mereka, tapi malah menutupinya dengan memberikan kartu kuning kepada pelatih?" ujar Shin Tae-yong kembali bertanya.

Video Populer

Foto Populer