Sukses


Angelo Alessio dalam Angka: Bergelimang Gelar, Siap Lanjutkan Magis di Persija

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta membuat kejutan dengan menunjuk Angelo Alessio sebagai pelatih anyar untuk Liga 1 2021/2022. Meskipun punya pengalaman melatih yang minim, namun pria asal Italia itu mengoleksi banyak gelar saat masih menjabat sebagai asisten pelatih untuk Antonio Conte.

Peresmian Angelo Alessio diumumkan secara langsung oleh Presiden Persija Jakarta, Mohammad Prapanca, Kamis (10/6/2021) sore WIB. Pelatih asal Italia itu diikat dengan kontrak berdurasi semusim dengan opsi perpanjangan.

"Pelatih Persija di Liga 1 itu Angelo Alessio dari Italia. Kontrak setahun opsi perpanjangan sampai 2023," kata Mohammad Prapanca.

Angelo menjadi pelatih asal Benua Biru kedua Persija sejak 2018, setelah masa singkat Ivan Kolev. Sebelum melatih Persija, Angelo Alessio melatih klub Skotlandia, Kilmarnock.

Memulai karier sebagai pelatih tim junior Napoli pada 1998, ia naik ke tim utama sebagai salah satu asisten pelatih. Sepanjang berkarier di I Partenopei, ia bekerja sama dengan sejumlah pelatih kawakan Italia seperti Luigi Simoni dan Franco Colomba.

Selepas Napoli, Angelo kemudian melatih Imolese, Massese, dan SPAL. Pada 2010, ia pindah ke Siena untuk menjadi salah satu asisten Conte.

Angelo turut dibawa Conte saat hijrah ke Juventus dan menjadi bagian tim pelatih I Bianconeri saat mendominasi kompetisi sepak bola Italia. Ia ikut dibawa Conte sebagai salah satu asisten saat ditunjuk sebagai pelatih Timas Italia dan klub Inggris, Chelsea.

Bola.com merangkum statistik Angelo Alessio dalam angka, pelatih anyar Persija Jakarta.

Video

2 dari 6 halaman

7

  • 1 trofi Liga Inggris
  • 1 trofi Piala FA
  • 3 trofi Serie A
  • 2 trofi Piala Super Italia
3 dari 6 halaman

22

Kariernya sebagai pelatih atau manajer adalah ketika membesut Kilmarnock, dengan statistik:

  • 22 Main
  • 7 Menang
  • 7 Imbang
  • 8 Kalah
4 dari 6 halaman

2

Angelo Alessio pernah berkesempatan menjadi caretaker Juventus selama dua bulan, yaitu pada Oktober hingga Desember 2012 pada saat Conte terkena sanksi. Ia berhasil membawa Juventus ke 16 besar Liga Chamnpions dan memuncaki klasemen Serie A 2012/2013.

5 dari 6 halaman

3-0

Skor kemenangan Juventus di bawah Angelo Alessio atas Chelsea, sang juara bertahan Liga Champions kala itu.

6 dari 6 halaman

4-3-3

Formasi idaman Angelo Alessio, dilansir dari Transfermarkt adalah 4-3-3.

Video Populer

Foto Populer