Liga 1: Kiat Khusus Aji Santoso Agar Jose Wilkson Cepat Nyetel dengan Persebaya

Oleh Aditya Wany pada 12 Jun 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 12:30 WIB
Jose Wilkson
Pemain asing Persebaya Surabaya, Jose Wilkson. (Dok. Persebaya)

Bola.com, Surabaya - Striker asal Brasil, Jose Wilkson, sempat mengaku masih kelelahan saat menjalani latihan perdana bersama Persebaya Surabaya, Rabu (9/6/2021). Memasuki hari kedua, kini kondisi kebugarannya mulai membaik.

Jose Wilkson terlihat semakin klop dengan rekan-rekan setimnya dalam latihan Persebaya yang digelar di Lapangan Polda Jatim, Surabaya, Jumat (11/6/2021). Hal itu berbeda dari latihan hari pertama saat nafasnya mudah tersengal-sengal.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memandang Wilkson mampu cepat beradaptasi dengan para pemain lainnya. Dia punya kiat khusus agar striker berusia 29 tahun itu tidak menghadapi kendala bersama tim.

“Artinya dia sudah mulai tidak canggung bermain dengan teman-temannya. Makanya saya sering memberi materi game position dengan area yang tak terlalu besar,” kata Aji setelah memimpin latihan timnya.

“Ini supaya pemain baru asing ini bisa cepat menyatu bagaimana cara bermainnya sepak bola Persebaya. Walaupun memang menurut saya masih perlu adaptasi, tetapi saya lihat latihan kedua kali buat Wilkson dia merasa nyaman,” imbuh Aji Santoso lagi.

 

2 dari 3 halaman

Beri Menu Latihan Tambahan

Jose Wilkson dan Taisei Marukawa
Dua pemain Persebaya Surabaya, Jose Wilkson dan Taisei Marukawa. (Bola.com/Dok Persebaya)

Wilkson tentu masih memerlukan adaptasi karena masih mengawali karier di Indonesia. Sebab, Persebaya merupakan klub Liga 1 pertama yang dibelanya, mengingat sebelumnya dia berkarier di Brasil dan Malta.

Hal yang sama sebenarnya sempat terjadi pada gelandang asal Jepang, Taisei Marukawa, yang juga memerlukan penyesuaian bersama Persebaya. Bedanya, menurut Aji, kondisi Wilkson lebih baik dari Marukawa.

Aji berencana untuk memberi porsi latihan tambahan kepada Wilkson selama menjalani sesi latihan bersama Rendi Irwan dkk.

“Kondisi Wilkson pertama kali datang lebih bagus dari kondisinya Taisei (Marukawa). Jadi kemungkinan nanti memang ada tambahan buat dia, tetapi dia akan terus ikut bersama tim,” tutur Aji Santoso.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓