Pemain-pemain Gaek Andalan Persib di Liga 1: Biar Tuwir yang Penting Ajib

Oleh Wiwig Prayugi pada 13 Jun 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 09:45 WIB
Kolase - Persib Bandung, Supardi, Victor Igbonefo, Made Wirawan
Kolase - Persib Bandung, Supardi, Victor Igbonefo, Made Wirawan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Bandung - Faktor usia pemain bukan masalah bagi klub-klub Liga 1. Beberapa klub masih mengandalkan pemain-pemain tua untuk mengarungi kompetisi Liga 1 yang akan bergulir pada 10 Juli 2021.

Satu di antaranya Persib Bandung. Tim berjuluk Maung Bandung ini masih mempertahankan pemain-pemain uzur di atas 30 tahun. Alasannya, karena pemain tersebut masih dianggap punya kualitas mumpuni.

Buktinya, pada gelaran Piala Menpora Maret lalu tim besutan Robert Alberts ini memasang pemain senior di sejumlah posisi. Hasilnya, Persib sukses melaju ke partai final Piala Menpora dengan catatan tak terkalahkan.

Sebelum akhirnya takluk dari Persija Jakarta di babak final dengan agregat 4-1. Namun, secara penampilan para pemain gaek tersebut mampu tampil impresif di lapangan.

Berikut deretan tiga pemain gaek yang masih menjadi andalan Persib Bandung. Siapa saja mereka?

 

2 dari 5 halaman

Supardi Nasir

Supardi Nasir
Bek Persib Bandung, Supardi Nasir, saat pertandingan melawan Arema FC pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, Minggu (18/3/2018). Persib menang 2-1 atas Arema. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pemain kelahiran 9 April 1983 ini menjadi sosok yang tak tergantikan di posisi bek kanan. Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts memberikan kepercayaan lebih kepada Supardi karena pemain tersebut sarat akan pengalaman.

Saat turnamen Piala Menpora bergulir Maret 2021 lalu, Supardi sempat absen beberapa pertandingan karena mengikuti kursus kepelatihan lisensi B. Posisi bek kanan pun dipercayakan kepada Henhen Herdiana dan Bayu Fiqri.

Setelah kursus kepelatihan selesai, posisi bek kanan kembali jadi milik Supardi. Eks Sriwijaya FC ini dipasang sebagai starter saat menghadapi PS Sleman dilaga semifinal Piala Menpora.

Meski baru bergabung dengan tim perfoma Supardi cukup menjanjikan. Supardi mampu membawa Persib ke partai puncak Piala Menpora sebelum akhirnya dibungkam Persija Jakarta dengan agregat 4-1.

Pada turnamen Piala Wali Kota Solo yang akan bergulir 20-26 Juni, Supardi kemungkinan besar tetap menjadi andalan tim di lini belakang. Pengalaman dan jam terbangnya memang dibutuhkan Persib.

3 dari 5 halaman

Victor Igbonefo

FOTO: PS Sleman Imbangi Persib Bandung 1-1 di Babak Pertama - Victor Igbonefo; Esteban Vizcarra
Selebrasi pemain Persib Bandung, Victor Igbonefo (kiri) dan Esteban Vizcarra usai menjebol gawang PS Sleman dalam laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Pemain kelahiran Nigeria merupakan palang pintu lini belakang Persib Bandung. Dia menjadi satu-satunya pemain yang selalu tampil penuh selama gelaran Piala Menpora 2021 berlangsung.

Bahkan, pemain berusia 35 tahun ini sukses mencatatkan satu gol melalui sundulan ke gawang PS Sleman di leg pertama Piala Menpora. Gol tersebut membawa Persib menang atas Elang Jawa dengan skor akhir 2-1.

Di barisan pertahanan Persib, Igbonefo selalu berduet dengan Nick Kuipers. Kehadiran Igbonefo membuat lini belakang Maung Bandung semakin tangguh dan sulit kebobolan.

Serangan yang dilancarkan tim lawan kerap dipatahkan pemain bernomor punggung 32 ini. Visi bermain, intensitas dan kedisiplinan menjadi kelebihan Igbonefo saat tampil di lapangan.

Bahkan, dalam beberapa pertandingan di Piala Menpora Igbonefo mendapat kepercayaan dari pelatih Robert Alberts untuk menjabat sebagai kapten. Dia menggantikan Supardi Nasir yang menjalani kursus kepelatihan lisensi B.

4 dari 5 halaman

I Made Wirawan

I Made Wirawan
Kiper Persib Bandung, I Made Wirawan saat melawan Persija Jakarta dalam laga leg pertama final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021). Persib kalah 0-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Penjaga gawang kelahiran Bali 1 Desember 1981 ini menjadi salah satu pemain tertua di Persib Bandung. Kini, usia I Made Wirawan sudah menginjak 39 tahun.

Meski tergolong uzur untuk ukuran pemain, I Made Wirawan selalu dipercaya pelatih Robert Alberts untuk menjaga mistar gawang Persib. Terbukti, saat Persib tampil di Piala Menpora Maret lalu.

Kiper bernomor punggung 78 ini dipercaya tampil penuh di babak semifinal dan final Piala Menpora. Padahal, I Made memiliki pesaing berat yang kualitasnya tak jauh berbeda, yakni Teja Paku Alam dan Dhika Bayangkara.

Tua-tua keladi menjadi istilah yang cocok disematkan kepada I Made. Eks kiper Persiba Balikpapan ini semakin matang di usia senja.

Tahun terbaik I Made bersama Persib Bandung terjadi pada musim 2019. Eks Persiba Balikpapan ini mencatatkan 12 clean sheet dari total 31 laga selama kompetisi Liga 1 2019.

I Made Wirawan kemungkinan bakal kembali di percaya mengisi starter tim Persib di Piala Wali Kota Solo yang akan bergulir 20-26 Juni mendatang. Sebab, Teja Paku Alam masih dalam tahap pemulihan karena sebelumnya terkendala kesehatan. (Muhammad Faqih)    

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓