Sukses


Liga 1: Eks Bek Leicester City Alie Sesay Ungkap Alasan Mau Gabung Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akhirnya kembali memperkenalkan tambahan pemain asing, Sabtu (12/6/2021). Klub berjulukan Bajul Ijo itu telah mengikat kontrak bek berpaspor Inggris dan Sierra Leone, Alie Sesay.

Pemain kelahiran London itu punya pengalaman yang cukup mentereng bersama beberapa klub yang dibelanya sebelumnya. Dia mengawali kiprah dengan menjadi pemain junior di Arsenal dan Leicester City.

Namun, Alie Sesay belum pernah membukukan penampilan di Premier League, meski berstatus pemain Leicester City pada 2013 hingga 2016. Dia dua kali dipinjamkan ke klub kasta bawah Inggris, yakni Colchester United dan Cambridge United.

Setelah itu, Alie Sesay tercatat pernah melanglang buana ke negara Eropa lainnya, seperti Yunani, Bulgaria hingga Azerbaijan. Di level internasional, dia membela Timnas Sierra Leone dan telah mencatatkan delapan kali penampilan. 

Namun, yang perlu menjadi catatan adalah Alie Sesay tidak termasuk skuat Leicester City arahan Cluadion Ranieri saat menjuarai Premier League pada 2015/2016. Saat itu, dia masih bermain untuk tim junior The Foxes.

Lalu apa yang membuat pemain berpengalaman seperti Alie mau bermain di Indonesia dengan bergabung Persebaya Surabaya?

 

Video

2 dari 3 halaman

Terkesima dengan Bonek

Pemain berusia 27 tahun itu ingin merasakan atmosfer fanatisme Bonek, suporter Persebaya, sejak masih diisukan akan berlabuh ke Persebaya. Maklum, statusnya sebagai mantan Leicester City sempat membuat heboh.

Alie Sesay merasakan dukungan besar dari Bonek. Dia mengaku menerima ribuan pesan langsung di akun Instagramnya. Mayoritas isi pesan tersebut adalah dukungan untuknya agar bermain di klub kebanggaan arek-arek Suroboyo tersebut.

Dukungan tersebut juga yang membuatnya tidak sabar untuk langsung bergabung dengan tim. Dia baru tiba di Surabaya pada Jumat malam (11/6/2021), dan langsung mengikuti latihan perdana, Sabtu pagi (12/6/2021).

“Saya dengar banyak soal sepak bola Indonesia, terutama tentang fanatisme suporter. Sebagai pemain, membela klub dengan suporter sefantastis ini adalah sebuah pengalaman terbaik. Saya senang berada di sini,” ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Dalam Kondisi Prima

Semangatnya itu didukung dengan kondisi fisik yang prima. Hasil tes medis Alie menjadi yang paling baik diantara dua pemain asing lainnya. Hal itu dikarenakan ia terakhir menjalani laga kompetitif pada akhir Mei lalu di Azerbaijan bersama Sabail.

“Dia (Alie Sesay) kondisinya sangat bagus. Terakhir main tanggal 20-an (Mei), dan dia bermain 90 menit,” ucap Pratama Wicaksana Wijaya, dokter tim Persebaya.

Alie mengikuti hampir seluruh rangkaian menu latihan yang diberikan oleh pelatih Aji Santoso. Ia hanya absen di latihan ball possession terakhir karena diajak berbincang oleh Aji agar lebih memahami Persebaya.

Video Populer

Foto Populer