Tour de Java, Bali United Beri Pelajaran Berharga untuk PSIM

Oleh Vincentius Atmaja pada 13 Jun 2021, 20:37 WIB
Diperbarui 13 Jun 2021, 20:37 WIB
PSIM Yogyakarta
Pertandingan uji coba Tour de Jawa, antara Bali United kontra PSIM Yogyakarta di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (13/6/2021). (Dok PSIM Yogyakarta)

Bola.com, Yogyakarta - PSIM Yogyakarta mendapat pelajaran berharga sebelum mengarungi Liga 2 musim 2021. Tim berjulukan Laskar Mataram ini harus mengakui keunggulan tim kuat Liga 1, Bali United dalam uji coba di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (13/6/2021).

Adapun partai uji coba ini bertajuk tour de Java yang dilakukan oleh Bali United. Sementara bagi PSIM merupakan laga uji coba ketiganya secara resmi. Sebelumnya PSIM sukses mengalahkan PSG Pati dan tim Liga 1, Barito Putera.

PSIM sempat tertinggi lebih dulu dari Bali United melalui gol gelandang Rizky Pellu di babak pertama. Sepak pojok Stefano Lilipaly sukses dituntaskan menjadi gol oleh Rizky Pellu yang berdiri tanpa pengawalan ketat.

Perlahan PSIM mencoba bangkit untuk keluar menekan, agar dapat membalas ketertinggalannya. Gol penyama kedudukan pun datang menjelang paruh pertama berakhir. Bola tendangan bebas bek kiri Aditya Putra Dewa, membuat PSIM berbagi skor 1-1.

Setelah jeda pertandingan, Bali United menunjukkan kemamapanan tim. Bermain tenang namun agresif, dan unggul jumlah pemain, setelah satu di antara pemain PSIM harus diusir wasit. Gelandang Yoga Pratama mendapat dua kali kartu kuning dan harus keluar dari lapangan.

Bali United berhasil memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, dengan gol kedua yang diciptakan Rizky Pellu. Lewat skema umpan silang, eks pemain PSM Makassar tersebut berhasil menaklukkan gawang PSIM. Kedudukan 2-1 untuk Bali United bertahan hingga laga usai.

2 dari 3 halaman

Komentar Seto

Seto Nurdiyantoro
Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiyantoro. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Meskipun timnya kalah, pelatih PSIM, Seto Nurdiyantoro mengapresiasi kerja keras timnya yang terus berjuang memberikan perlawanan. Pelajaran dan bahan evaluasi, khususnya dua gol lawan menjadi fokusnya.

"Secara keseluruhan pemain menunjukkan kerja kerasnya. Walaupun masih ada beberapa kekurangan yang harus kita evaluasi, kita akan perbaiki pelan-pelan," ujar Seto Nurdiyantoro setelah laga.

"Uji coba yang bagus buat PSIM, mudah-mudahan kedepannya apa yang menjadi evaluasi bisa diperbaiki secara individu maupun tim. Hasil ini buat saya tidak masalah, yang kita evaluasi adalah bagaimana proses kemasukan," lanjutnya.

PSIM masih punya kesempatan satu kali lagi menjajal Bali United. Yakni pada pertandingan kedua tour de Java Bali United di tempat yang sama, Senin (14/6/2021) sore. Seto mengaku akan merotasi skuadnya, karena tidak ada jeda hari pertandingan.

"Untuk pertandingan besok kami akan merotasi pemain, tapi kami juga lihat perkembangannya esok hari," jelas eks pelatih PSS Sleman.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓