Liga 1: Jago Sundulan, Rafael Silva Tawarkan Hal Baru Bagi Madura United

Oleh Rizki Hidayat pada 15 Jun 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 15:15 WIB
Rafael Silva
Rafael Silva (tengah) diperkenalkan sebagai pemain baru Madura United. (Dok Madura United)

Bola.com, Bangkalan - Madura United resmi memperkenalkan Rafael Silva sebagai rekrutan anyar untuk musim kompetisi 2021/2022, Senin (14/6) sore WIB. Kehadiran Silva sekaligus melengkapi kuota pemain asing Laskar Sape Kerrab, julukan Madura United.

Sebelumnya, Madura United telah memiliki Hugo Gomes alias Jaja (Brasil), Jaimerson (Brasil), dan Jacob Pepper (Australia) yang mengisi satu slot pemain Asia. Dengan ini, slot empat pemain asing Madura United telah tepenuhi.

Pemain asal Brasil tersebut memang sengaja didatangkan untuk menggantikan peran Bruno Lopes yang tampil kurang memuaskan di Piala Menpora 2021. Kehilangan Alberto Goncalves yang dipinjam ke Persis Solo juga menjadi dasar perekrutan Rafael Silva.

Pelatih Madura United, Rachmad Darmawan, mengakui bila dirinya menaruh harapan besar kepada penyerang berusia 30 tahun tersebut. Terlebih, Rafael Silva sudah pernah bermain di Indonesia dua tahun yang lalu.

"Dia bukan orang baru di sepak bola Indonesia, dua tahun lalu dia pernah main di Barito Putera. Saya berharap dia bisa cepat beradaptasi dengan rekan-rekannya yang lain," ujar pria yang akrab disapa RD tersebut.

Mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut sadar bila dirinya tak punya banyak waktu lagi untuk mempersiapkan Madura United. Jika tak meleset, sepak mula Liga 1 2021/2022 bakal digelar kurang dari satu bulan lagi.

 

2 dari 3 halaman

Jago Sundulan

Bhayangkara FC Vs Barito Putera
Striker Barito Putra, Rafael Silva, berusaha melewati kepungan pemain Bhayangkara FC pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Selasa (29/5). Bhayangkara menang 4-2 atas Barito. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pelatih asal lampung tersebut mengakui kehadiran Rafael Silva bakal menambah opsi serangan yang dimiliki timnya. Kelebihannya dalam mencari celah di kotak penalti lawan sudah tak perlu diragukan lagi.

Dibekali kemampuan duel udara yang baik, Silva diharapkan mampu meneruskan umpan-umpan silang rekannya dari sektor sayap. Hal itu sudah diperlihatkan saat memperkuat Laskar Antasari, julukan Barito Putera, pada musim perdananya di Indonesia.

Dari 14 gol yang diciptakan di Liga 1 2019, delapan gol diantaranya tercipta melalui sundulan kepala. Rizky Pora menjadi pemain yang paling memahami pergerakan Silva dengan memberikan tujuh assist dari delapan gol yang dicetaknya lewat tandukan kepala.

"Saya rasa dalam taktik menyerang ada beberapa varian, ada wing play yang sering diakhiri dengan crossing. Ada combitional play, penetration, long range shot," jelas RD.

"Di antara pemain-pemain yang Madura United punya, mereka memiliki kekuatan tersebut. Setiap pemain harus punya keunggulan berbeda-beda, sehingga kami punya varian permainan yang bisa dimodifikasi lebih bervariatif," tandasnya. (Wahyu Pratama)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
PT LIB Akan Gelar Liga 1 pada 20 Agustus 2021