Efek Positif Ezra Walian bagi Timnas Indonesia, Perkaya Pilihan Lini Depan

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 16 Jun 2021, 06:45 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 06:45 WIB
Ezra Walian
Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian, menyanyikan Indonesia Raya sebelum melawan Filipina pada laga SEA Games di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). Indonesia menang 3-0 atas Filipina.(Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Bola.com, Jakarta - Ezra Walian akan meramaikan persaingan lini depan Timnas Indonesia. FIFA telah memperbolehkan bomber naturalisasi itu bermain di pertandingan resmi.

Setelah dua tahun, polemik Ezra Walian akhirnya tuntas. PSSI mendapatkan lampu hijau dari FIFA terkait status pemain Persib Bandung itu.

FIFA telah mengesahkan perpindahan asosiasi Ezra Walian dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI. Striker kelahiran Amsterdam, Belanda itu dapat membela Timnas Indonesia di kalender FIFA.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, menyambut hangat kejelasan status Ezra Walian. Menurutnya, keberadaan eks penyerang Timnas Belanda U-17 itu dapat memperkaya pilihan di sektor depan timnya.

"Yang pasti, ini menjadi kabar yang baik karena akan menjadi banyak opsi untuk lini depan Timnas Indonesia," imbuh Nova Arianto kepada Bola.com, Selasa (15/6/2021).

Terakhir, komposisi lini depan Timnas Indonesia diisi oleh Kushedya Yudo, Muhammad Rafli, dan Saddam Gaffar. Ketiganya minim kontribusi ketika tim berjulukan Skuad Garuda ini babak belur di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

2 dari 3 halaman

Tergantung Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan arahan kepada anak asunya saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). (Foto: Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah kasusnya selesai, Ezra Walian harus membuktikan ketajamannya bersama Persib. Alumnus Jong Ajax tersebut tidak mendapatkan jaminan dipanggil ke Timnas Indonesia.

"Terkait kemungkinan Ezra Walian dipanggil ke Timnas Indonesia, semua keputusan ada di pelatih kepala, yaitu coach Shin Tae-yong," kata Nova Arianto.

Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia akan bermain di dua turnamen berbeda.

Pertama, Timnas Indonesia bakal bermain di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September-Oktober 2021 mengingat status Evan Dimas sebagai tim peringkat kelima alias buncit di Grup G babak kualifikasi ronde kedua.

Kedua, Timnas Indonesia akan berkancah di Piala AFF pada 5 Desember-1 Januari 2021.

Selain itu, Ezra Walian juga dapat bermain di SEA Games 2021 bersama Timnas Indonesia U-22 dengan menempati satu dari dua slot pemain senior.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓