Sukses


Wajah Baru Lapangan Sidolig, Lengkap dengan Fasilitas Gym di Mes Pemain Persib

Bola.com, Bandung - Persib Bandung merupakan satu di antara beberapa klub bersejarah di Indonesia. Perjalanan klub yang berdiri sejak 14 Maret 1933 ini tidak lepas dari keberadaan Stadion Persib yang memiliki lapangan dengan nama lapangan Sidolig.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, stadion yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, ini konon dibangun pada 1903. Frans Sidolig merupakan satu di antara sosok yang menginisiasi berdirinya Stadion Persib pada zaman penjajahan Belanda.

Itulah sebabnya lapangan stadion ini disebut Sidolig, yang merupakan kepanjangan Sport in de Openlucht is Gezond. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya 'olahraga di alam terbuka itu sehat'.

Setelah kepemilikan stadion tersebut beralih ke Pemerintah Kota Bandung, akhirnya stadion tersebut berganti nama menjadi Stadion Persib. Stadion ini pun beberapa kali mengalami pemugaran.

Bahkan Persib Bandung sempat menggunakan lapangan Stadion Persib untuk tempat latihan tim. Namun, pada akhirnya Persib menggunakan tempat latihan lain karena lapangan Stadion Persib tidak sesuai standar.

Kini lapangan Sidolig berubah drastis. Stadion Persib direnovasi untuk menjadi venue latihan di perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

Video

2 dari 3 halaman

Proses Renovasi

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meninjau kesiapan Stadion Persib mengatakan renovasi dan perbaikan berbagai infrastruktur stadion ini sudah sesuai rencana dan target yang ditetapkan sebelumnya.

"Kita lihat semua progresnya berjalan baik. Kualitas rumput sekarang sudah bagus sekali dengan ditunjang dengan fasilitas penyemprotan dan penyiraman rumput yang bagus untuk upaya pemeliharaan rumput lapangannya," ujar Yana belum lama ini.

Saat dikunjungi Bola.com, renovasi lapangan memang sudah hampir rampung 100 persen. Kualitas rumput lapangan sudah berstandar internasional dengan ditunjang fasilitas lainnya, seperti penyemprot lapangan, ruang ganti pemain, dan lampu stadion.

Renovasi lapangan Stadion Persib mulai dilakukan sejak November 2020. Saat ini, lapangan yang dulu menjadi tempat latihan Persib Bandung itu masih dalam masa pemeliharaan hingga November 2021.

3 dari 3 halaman

Fasilitas Pendukung

Bersebelahan dengan lapangan, berdiri bangunan megah, yakni mes pemain Persib Bandung. Menariknya di dalam mes Persib kini ada ruangan gym.

Manajemen Persib menyediakan fasilitas gym untuk menunjang kebutuhan pemain dalam meningkatkan kebugarannya, meski alat gym belum terpenuhi kelengkapannya.

"Masih bertahap, tapi rencana cukup untuk kebutuhan pemain Persib," ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, pada Januari 2021 lalu.

Ruangan yang berada di lantai satu ini dulunya merupakan tempat untuk rapat tim sebelum akhirnya dialihfungsikan menjadi ruang gym. Biasanya para pemain menggunakan fasilitas gym ini saat menjalani latihan sore hari.

Untuk lantai dua, ada beberapa ruangan yang dijadikan kamar pemain. Tapi, saat ini yang tinggal di mes hanya beberapa pemain saja. Mereka yang biasanya berada di mes karena tidak memiliki tempat tinggal di Bandung.

Pemain yang paling sering terlihat di mes adalah Supardi Nasir, Kakang Rudianto, dan Bayu Fiqri. Biasanya, mereka keluar mes untuk salat di mesjid yang lokasinya tidak jauh dari Stadion Persib.

Sebelum pandemi COVID-19 melanda Indonesia, mes Persib biasanya ramai dengan kehadiran bobotoh. Mereka datang untuk meminta tanda tangan atau foto bersama pemain idolanya. (Muhammad Faqih)

Video Populer

Foto Populer