Sukses


Timnas Indonesia Butuh Banyak Pemain Seperti Asnawi Mangkualam untuk Berkembang

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terkesan dengan penampilan Asnawi Mangkualam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Shin Tae-yong bahkan menjadikan Asnawi sebagai tolok ukur perkembangan sepak bola Indonesia.

Asnawi Mangkualam menjadi andalan Shin Tae-yong di lini belakang Timnas Indonesia. Pemain Asnan Greeners itu tak tergantikan dalam tiga laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Shin Tae-yong menilai Asnawi telah mengalami perubahan drastis dari segi penampilan dan gaya hidup setelah bermain di Korea Selatan. Hal itulah yang membuat Indonesia membutuhkan lebih banyak pemain seperti Asnawi untuk berkembang.

"Jika semua pemain seperti Asnawi, sepak bola Indonesia akan berubah," kata Shin Tae-yong seperti dikutip Kyunghyang Shinmun.

"Kebanyakan pemain Indonesia agak santai. Namun, Asnawi telah berubah menjadi profesional setelah bermain di Korea," tegas Shin Tae-yong.

Asnawi Mangkualam saat ini sudah kembali ke Korea Selatan setelah rampung membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pemain berusia 21 tahun itu langsung menjalani isolasi mandiri selama 14 hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Ada Harapan

Meskipun memuji Asnawi Mangkualam, tapi Shin Tae-yong menilai sepak bola Indonesia punya harapan untuk berkembang. Hal itu dilihat dari para pemain muda yang mampu tampil lumayan baik saat dipromosikan ke Timnas Indonesia senior.

Timnas Indonesia menjadi skuad dengan rataan usia paling muda di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim Garuda memiliki rata-rata usia 21,8 tahun.

"Dari seluruh pemain yang berpartisipasi di Kualifikasi Piala Dunia, sebanyak 15 di antaranya berada dalam kategori usia muda. Awalnya saya merasa khawatir, akan tetapi akhirnya saya percaya diri," tegas Shin Tae-yong.

Video Populer

Foto Populer