5 Pemain Alumnus Timnas Indonesia U-19 yang Siap Meramaikan Liga 1

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Jun 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 22 Jun 2021, 08:15 WIB
FOTO: PSIS Semarang Puncaki Grup A usai Menang 3-1 atas Persikabo 1973 - Pratama Arhan
Bek PSIS Semarang, Pratama Arhan melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiga ke gawang Persikabo 1973 lewat eksekusi penalti dalam laga matchday ke-2 Grup A Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3/2021). PSIS menang 3-1 atas Persikabo 1973. (Bola.com/Arief Bagus)

Bola.com, Jakarta - Liga 1 2021/2022 akan bergulir dalam hitungan pekan. Peta persaingan meraih gelar juara Liga 1 musim ini diprediksi bakal berlangsung sengit, karena mayoritas klub berbenah untuk memiliki skuad yang mumpuni.

Selain berlomba mendatangkan pemain asing berkualitas, klub peserta Liga 1 2021/2022 juga tak segan dalam memberikan kesempatan tampil kepada pemain muda. Tujuannya adalah memberikan pengalaman kepada calon aset-aset masa depan klub.

Hal yang bakal menjadi perhatian adalah kehadiran dari para pemain alumnus Timnas Indonesia U-19 di Liga 1 musim ini. Secara kualitas, tempaan pelatih Shin Tae-yong tentu tak perlu diragukan.

Para pemain muda ini jadi punya kemampuan mumpuni dan siap diandalkan di klub masing-masing. Apalagi Shin Tae-yong sudah mengasah kemampuan mereka dengan memberikan kepercayaan membela Timnas Indonesia senior.

Para pemain alumnus Timnas Indonesia U-19 semakin matang. Mereka semakin siap diandalkan klub masing-masing dan menjadi aset masa depan klub.

Bola.com mencatat, ada lima pemain yang bakal menjadi andalan klub di Liga 1 2021/2022. Berikut ini lima pemain alumnus Timnas Indonesia U-19 yang siap meramaikan kompetisi elite Indonesia itu.

2 dari 7 halaman

Pratama Arhan

FOTO: Aksi 5 Wonderkid di Penyisihan Grup Piala Menpora 2021
Pratama Arhan punya peran penting di skuad PSIS Semarang pada Piala Menpora 2021. Pemain berusia 19 tahun itu menjadi pilihan utama di sektor kiri pertahanan. (Bola.com/Arief Bagus)

Penampilan Pratama Arhan di Timnas Indonesia U-19 tak perlu diragukan lagi. Pemain yang berperan sebagai bek kiri itu tampil gemilang.

Penampilan itu berhasil diteruskannya ketika dipercaya membela Timnas Indonesia senior pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Posisinya bahkan tak tergantikan.

Pratama Arhan merupakan aset masa depan yang dimiliki PSIS Semarang. Besar kemungkinan, pada Liga 1 2021/2022 PSIS akan mengandalkan jasanya di sektor bek kiri.

3 dari 7 halaman

Rizky Ridho

FOTO: 5 Pemain Jebolan Akademi Persebaya Surabaya di Piala Menpora 2021
Rizky Ridho - Pemain Jebolan klub internal El Faza ini sebelumnya lebih sering bermain untuk timnas U-19 dan Persebaya U-20 pada ajang Elite Pro Academy Liga 1 U-20. Mantan kapten Garuda Muda ini merupakan bek masa depan Bajul Ijo dan Timnas Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Rizky Ridho merupakan bek tengah andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Penampilan apiknya dalam menghalau serangan lawan mencuri perhatian pelatih asal Korea Selatan itu.

Berkat Shin Tae-yong, Rizky Ridho berhasil promosi ke Timnas Indonesia senior. Hal itu tentu menjadi bukti Shin Tae-yong sudah mengakui kualitas Rizky di jantung pertahanan.

Rizky Ridho merupakan aset berharga untuk Persebaya Surabaya di lini belakang. Menarik untuk menyaksikan kiprah sang pemain di Liga 1 2021/2022.

4 dari 7 halaman

Braif Fatari

FOTO: Wonderkid Macan Kemayoran jadi Biang Keladi Kalahkan Persib di Final Leg Pertama Piala Menpora
Pemain muda dari Persija Jakarta, Braif Fatari (kanan) mengukuhkan gol cepatnya diawal pertandingan usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Persib Bandung. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Braif Fatari tampil mengesankan bersama Timnas Indonesia U-19. Pelatih Shin Tae-yong berhasil memberikan peran berbeda kepada Braif Fatari dari gelandang menjadi penyerang bayangan.

Peran tersebut berhasil dimaksimalkan Braif Fatari dengan penampilan impresif. Bahkan, peran itu diteruskan Braif Fatari bersama Persija Jakarta.

Braif tampil mengesankan di lini depan Persija. Pemain berusia 18 tahun itu juga berhasil membantu Persija meraih gelar Piala Menpora 2021.

5 dari 7 halaman

Bagas Kaffa

FOTO: Aksi 5 Wonderkid di Penyisihan Grup Piala Menpora 2021
Penampilan Bagas Kaffa di lini pertahanan semakin matang. Pemain bernama lengkap Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi tak segan melakukan duel fisik dengan lawan untuk menghindari serangan. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bagas Kaffa merupakan aset masa depan yang dimiliki Barito Putera. Bagas Kaffa merupakan andalan Shin Tae-yong di sektor bek kanan pada Timnas Indonesia U-19.

Pada Piala Menpora 2021, Bagas Kaffa juga menjadi andalan di lini pertahanan Barito Putera. Penampilannya memang belum maksimal, namun bakatnya akan terasah seiring kesempatan yang diberikan pelatih Djadjang Nurdjaman.

Barito Putera diyakini masih akan mengandalkan Bagas Kaffa pada Liga 1 2021/2022. Menarik untuk menyaksikan kiprah Bagas Kaffa dalam mengawal lini pertahanan klub berjulukan Laskar Antasari itu.

6 dari 7 halaman

Saddam Gaffar

FOTO: Gol di Masa Injury Time Pastikan Kemenangan 2-1 Persib Bandung atas PS Sleman - Saddam Emiruddin Gaffar
Selebrasi pemain PS Sleman, Saddam Emiruddin Gaffar usai menjebol gawang Persib Bandung dalam laga leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (16/4/2021). PS Sleman kalah 1-2 dari Persib. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Kualitas Saddam Gaffar di lini depan sudah terbukti. Di Timnas Indonesia U-19, Saddam Gaffar merupakan andalan pelatih Shin Tae-yong dalam mendobrak lini pertahanan lawan.

Saddam merupakan tipikal penyerang tengah yang komplet. Didukung postur tubuh yang tinggi, sang striker andal dalam berduel bola udara hingga fisik dengan lawan.

Pada Piala Menpora 2021, Saddam Gaffar sudah membuktikan kualitasnya di lini depan PSS Sleman. Besar kemungkinan, PSS masih akan mengandalkan Saddam pada Liga 1 2021/2022.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓