Mengenal 3 Calon Lawan Timnas Indonesia di Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023: Seharusnya Bisa Menang Mudah

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 23 Jun 2021, 08:15 WIB
Diperbarui 23 Jun 2021, 08:15 WIB
Timnas Indonesia - Calon Lawan Timnas Indonesia: Kamboja, Chinese Taipei, dan Guam
Timnas Indonesia - Calon Lawan Timnas Indonesia: Kamboja, Chinese Taipei, dan Guam (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia akan berlaga di Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023. Timnas Garuda berjuang di ajang itu karena berada di posisi buncit klasemen akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia akan bergabung dengan Kamboja, Chinese Taipei, dan Guam. Timnas Indonesia akan menghadapi satu dari ketiga calon lawan tersebut yang juga punya catatan negatif di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 rencananya digelar dalam dua leg dengan sistem kandang-tandang. Aturan gol awal juga diberlakukan hingga tambahan waktu.

Pertandingan pertama akan digelar pada 7 September 2021, sedangkan leg kedua berlangsung pada 12 Oktober mendatang. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) rencananya menggelar undian Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023 pada 24 Juni 2021.

Timnas Indonesia wajib meraih kemenangan pada dua laga Play-off Kualifikasi Piala AFC 2023. Hal itu dilakukan untuk menjaga asa tampil di Piala AFC 2023.

Di antara calon lawan Timnas Indonesia ada beberapa tim yang sudah tak asing. Lantas, seperti apa calon lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia?

2 dari 5 halaman

Kamboja

Timnas Kamboja U-22
Timnas Kamboja U-22 di SEA Games 2019. (Bola.com/DOK. FAM)

Peluang menghadapi Kamboja sejatinya kecil buat Timnas Indonesia. Hal ini terjadi karena Timnas Indonesia dan Kamboja sama-sama berada di pot 1.

Namun, sejarah mencatat Kamboja bukan lawan yang asing buat Timnas Indonesia. Kedua tim sudah pernah bertemu sebanyak 22 kali di berbagai ajang.

Timnas Indonesia dominan dengan 17 kemenangan, tiga kali imbang, dan dua kali kalah. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamboja berada di urutan buncit dengan raihan satu poin hasil tujuh kali kalah dan sekali imbang.

3 dari 5 halaman

Chinese Taipei

Chinese Taipei U-19
Sebanyak 3 pemain Timnas Chinese Taipei harus dirawat di Rumah Sakit karena keracunan makanan jelang laga konta Uni Emirat Arab. (dok. AFC)

Chinese Taipei bukan lawan yang asing buat Timnas Indonesia. Sepanjang sejarah, Timnas Garuda sudah pernah bermain 12 kali melawan Chinese Taipei.

Timnas Indonesia menang delapan kali dan kalah empat kali. Timnas Garuda sejatinya tak perlu khawatir menghadapi tim asuhan Vom Ca-nhum.

Sama seperti Timnas Indonesia, Chinese Taipei juga menjadi juru kunci di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Chinese Taipei menelan delapan kekalahan beruntun dan tidak mengoleksi poin.

4 dari 5 halaman

Guam

Jepang U-16
Jepang U-16 menggulung Guam 20-0, Rabu (20/9/2017) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. (AFC)

Timnas Indonesia belum pernah menghadapi Guam pada ajang apa pun. Hal inilah yang membuat laga nanti akan mencetak sejarah buat kedua tim.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Guam berada di posisi juru kunci Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022. Guam menelan delapan kekalahan beruntun dan tak mengoleksi poin.

Catatan tersebut sejatinya tak jadi masalah buat Timnas Indonesia. Pasukan Shin Tae-yong berpeluang menang mudah melawan tim asuhan Seo Dong-won.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓