Sukses


Persipura Sambut Antusias Rencana Indonesia Jadi Tuan Rumah di Piala AFC 2021

Bola.com, Jakarta - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menawari Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyisihan grup Piala AFC 2021. Tawaran dari AFC itu mendapat respons positif dari Persipura Jayapura yang merupakan peserta turnamen.

AFC sampai saat ini masih disibukkan dengan pencarian negara untuk tuan rumah penyisihan Grup G dan H Piala AFC 2021. Singapura yang sebelumnya setuju menjadi tuan rumah memilih mundur karena pandemi COVID-19 yang belum mereda.

PSSI kemudian berkoordinasi dengan klub-klub Indonesia yang jadi peserta di Piala AFC 2021 terkait tawaran dari AFC. Manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Madubun, menilai tawaran yang diajukan AFC sangat menarik untuk dipertimbangkan oleh PSSI.

"Kalau bisa dilaksanakan di Indonesia, sudah pasti kami senang. Kami pasti siap untuk itu," kata Bento Madubun kepada Bola.com.

Namun, rencana Indonesia dalam menggelar Piala AFC 2021 akan sangat sulit. Belakangan ini angka positif COVID-19 di Indonesia sedang melonjak tinggi.

"Beberapa hari lalu saya menghubungi Pak Yunus Nussi menanyakan atau berkoordinasi terkait kemungkinan menjadi tuan rumah. Pak Yunus menyampaikan dalam situasi COVID-19 yang sedang tinggi seperti saat ini sepertinya sulit. Pada dasarnya kami saat ini menunggu seperti apa perkembangan kedepannya, semoga ada solusi," tegas Bento Madubun.

Pertandingan pertama penyisihan Grup G dan H Piala AFC 2021 akan berlangsung pada 29 dan 30 Juni 2021. Artinya, AFC berburu dengan waktu untuk segera memutuskan tuan rumah babak penyisihan turnamen tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Bisa Dibatalkan

AFC juga membuka kemungkinan untuk membatalkan Piala AFC 2021 karena negara yang wakilnya bermain di Grup G dan H, tidak bersedia untuk menggelar babak penyisihan.

"Belum ada tuan rumah dari tim yang berpartisipasi dan juga tidak ada tempat netral yang tersedia," kata Sekjen AFC, Datuk Windsor John seperti dikutip dari New Straits Times.

"Kami telah meminta komite untuk membuat keputusan dalam pekan depan. Pembatalan Piala AFC akan menjadi opsi terakhir kami," imbuh Datuk Windsor John.

Video Populer

Foto Populer