Sukses


Alasan Persipura Memulangkan Pemain Asal Papua dari Pemusatan Latihan di Kota Batu

Bola.com, Kota Batu - Manajemen dan pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, mengeluarkan kebijakan strategis di tengah rutinitas pemusatan latihan tim di Kota Batu, Jawa Timur. Keputusan tersebut adalah memulangkan pemain-pemain asal Papua dan luar Jawa selama empat hari.

Langkah ini diambil Persipura Jayapura dengan pertimbangan dua alasan yang sangat logis.

"Pertama, ini menyangkut aspek psikologis pemain. Akhir-akhir ini ada kejadian di internal tim yang saya amati penyebabnya adalah faktor psikologis. Anak-anak jenuh karena sudah lama menggelar pemusatan latihan. Mereka butuh pulang dulu ke Papua untuk berkumpul bersama keluarga," ujar Jacksen Tiago.

Setelah kembali ke Kota Batu, Senin (28/6/2021) nanti, Jacksen Tiago berharap para pemain menjadi lebih bugar dan semangat menjalani pemusatan latihan.

"Jatah libur ini khusus anak-anak dari Papua dan luar Jawa. Kiper Gerri Mandagi juga pulang. Sisanya tetap berlatih rutin di Batu karena ada beberapa pemain asal Jakarta dan Bandung yang nanti bisa berkumpul dengan keluarga saat Liga 1 dimulai. Saya kira ini keputusan yang adil," ujar pelatih Persipura Jayapura itu.

Video

2 dari 2 halaman

Piala AFC Belum Pasti

Alasan kedua menurut Jacksen Tiago, jadwal Piala AFC hingga kini belum ada kejelasan. Arsitek Persipura Jayapura asal Brasil itu pun berani mengambil keputusan taktis.

"Saya pikir mustahil pada 29 Juni kami bermain di Piala AFC. Jika dihitung mulai hari ini, secara logika tidak mungkin AFC tiba-tiba membuat jadwal baru secara mendadak. Makanya ini kesempatan kami untuk menurunkan tensi psikologis pemain," ujarnya.

Bagi Jacksen Tiago, ini kesempatan terbaik untuk memulangkan pemain asal Papua.

"Jika Liga 1 nanti digelar sesuai jadwal, mereka tidak mungkin lagi pulang ke Papua. Sistem bubble yang diterapkan PSSI dan PT LIB membuat kami akan bermain di luar daerah asal hingga kompetisi selesai," ucapnya.

 

Video Populer

Foto Populer