Sukses


Liga 1: Perjudian Aji Santoso di Kaki Pemain Asing Debutan Persebaya

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya terlihat mengambil kebijakan berbeda untuk urusan pemain asing pada musim ini. Tidak seperti yang sudah-sudah, manajemen Green Force, julukan Persebaya, mengisi slot pemain asingnya dengan para debutan.

Taisei Marukawa (24 tahun) jadi pemain pertama yang diperkenalkan sekaligus mengisi slot pemain Asia Persebaya Surabaya. Lalu berturut-turut Jose Wilkson (29), Alie Sesay (26), dan Bruno Moreira (22) hadir ke Kota Pahlawan.

Hal tersebut merupakan pemandangan berbeda di klub kebanggan arek-arek Suroboyo tersebut. Sebab, dari musim ke musim setidaknya mereka merekrut satu pemain asing yang telah berpengalaman di persepakbolaan Tanah Air.

Robertino Pugliara berada di tim yang baru saja promosi di Liga 1 2018. Setahun berselang, Manuchekhir Dzalilov yang telah mekar bersama Sriwijaya FC berhasil diangkut, yang lantas disusul kepulangan David Da Silva pada putaran kedua.

Bahkan pada tahun kemarin, Persebaya melakukan rekrutan yang terbilang cukup berani. Mereka 'membajak' Makan Konate yang sebelumnya membela klub rival, Arema FC.

Tentu hal ini menjadi pertanyaan bagi sebagian Bonek, julukan suporter Persebaya Surabaya, bakal seperti apa kekuatan tim pada musim ini. Apalagi keempatnya, tidak memiliki pengalaman bermain atau bertanding melawan tim asal Asia Tenggara lainnya.

Video

2 dari 3 halaman

Dua Sisi Penampilan

Tak hanya berlatih, Persebaya Surabaya telah melakoni dua latih tanding. Klub Liga 3, Malang United, berhasil digebuk dengan skor telak 11-0 pada tengah pekan lalu.

Sementara PS Hizbul Wathan yang berasal dari Liga 2, mereka pecundangi dengan skor 2-0 pada awal pekan ini. Tapi, dari dua penampilan tersebut, para pemain asing debutan itu menunjukkan dua sisi penampilan yang bertolak belakang.

Wilkson begitu trengginas dengan quintrick yang diciptakannya saat menghadapi Malang United, tapi seperti mati kutu saat hadapi PSHW. Bahkan Bruno mendapat cercaan karena gagal menunjukkan kualitasnya di depan Bonek yang telah membeli tiket virtual.

Namun, hal berbeda justru ditampilkan dua sosok pemain asing lainnya. Alie dengan postur tinggi besarnya berhasil mengamankan barisan belakang Persebaya dengan tenang, sementara Taisei dengan kaki kirinya mampu memukau dan bakal jadi pujaan baru di Persebaya.

3 dari 3 halaman

Latihan Bersama Kontra Persela

Persebaya Surabaya rencananya bakal menghadapi Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Sabtu (26/) sore. Menghadapi sesama tim Liga 1, tentu intensitas permainan bakal sangat berbeda.

Dengan pertandingan yang akan disiarkan secara virtual, Bonek kembali berkesempatan melihat performa empat pemain asing ini. Jika Wilkson dan Bruno tak ada perubahan, siap-siap hujatan bakal mampir di akun media sosial mereka.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sebetulnya telah menegaskan dirinya tidak khawatir dengan performa memble beberapa pemain asingnya dalam latihan bersama sebelumnya. Sebab, pelatih asal Malang itu menyadari bila sang pemain belum kembali bugar seperti biasanya.

Namun apapun alasannya, duel sesama tim asal Jawa Timur ini bisa menjadi tolok ukur kesiapan Persebaya menyambut kompetisi Liga 1 2021/22. Apalagi bisa dikatakan mereka memiliki progers meningkat dalam dua tahun terakhir dan berada di posisi runner-up pada Liga 1 2019.

Video Populer

Foto Populer