Sukses


Deretan Pemain Berdarah Belanda yang Tersisa di Liga 1, Marc Klok Belok ke Persib?

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola berdarah Belanda cukup menjamuri sepak bola Indonesia dalam 3-4 tahun belakangan ini. Beberapa di antaranya bahkan memutuskan untuk menjadi WNI, sebut saja Marc Klok.

Nama Marc Klok sedang ramai diberitakan dalam beberapa hari terakhir menyusul keputusannya untuk tidak meneruskan kontrak awalnya selama empat tahun di Persija Jakarta. Kabar terkini menyebutkan bahwa ia sedang didekati Persib Bandung.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahyono, beberapa waktu lalu mengaku manajemen klub dan staf pelatih belum melakukan pembicaraan apapun mengenai isu ini. Tapi itu tak menutup kemungkinan bahwa Klok akan berseragam Maung Bandung.

Koneksi Belanda di Persib juga cukup kental. Setidaknya sudah ada empat sosok meneer di sana, yakni Robert Rene Alberts sebagai pelatih, Nick Kuipers, Ezra Walian, dan Geoffrey Castillion.

"Saya dan Marc Klok memang sering berkomunikasi dengan baik tapi berkenaan soal rumor yang ramai saat ini, saya tidak akan menanggapinya," cetus Robert Rene Alberts yang membawa Marc Klok ke PSM Makassar.

Apapun itu, jikapun Marc Klok tidak bergabung dengan Persib Bandung, masih ada sembilan pemain berdarah Belanda yang meramaikan Liga 1. Siapa saja mereka?

Video

2 dari 4 halaman

Persib Bandung

Seperti disebutkan di atas, Persib memiliki tiga pria dari Belanda. Selain Robert Rene Alberts, ada Nick Kuipers, palang pintu di belakang, serta Geoffrey Castillion, juru gedor Maung Bandung yang baru kembali ke Indonesia per 23 Juni 2021 kemarin.

Mengingat Persib sudah memiliki Wander Luiz (Brasil) dan satu pemain Asia, jika Marc Klok benar-benar direkrut, maka itu tak akan mengganggu jatah pemain asing untuk Liga 1 2021. Sebab ia akan didaftarkan sebagai pemain lokal.

3 dari 4 halaman

Bali United

Bali United juga akrab dengan pemain berdarah Belanda. Beberapa tahun lalu mereka memiliki Nick van der Velden, namun setelah pensiun, masih ada dua pemain dari Negeri Kincir Angin di kubu Serdadu Tridatu.

Malvin Platje yang sempat dipinjamkan ke De Graafschap Doetinchem di kompetisi kasta kedua Liga Belanda bermain cukup impresif dan selalu menjadi pilihan utama. Kini ia telah kembali dan bersama Stefano Lilipaly, pemain berdarah Belanda lainnya, akan berjibaku di Liga 1 2021.

4 dari 4 halaman

Pemain Lainnya

  • Wiljan Pluim (PSM)
  • Irfan Bachdim (PSS - Indonesia/Belanda)
  • Diego Michiels (Arema FC - Indonesia/Belanda)
  • Raphael Maitimo (Persita - Indonesia/Belanda)

Video Populer

Foto Populer