Sukses


5 Klub Jawa Timur di Liga 1, Bisa Apa Setelah Gagal pada Ajang Piala Menpora?

Bola.com, Jakarta - Jawa Timur bisa dibilang pusat kekuatan sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, di kompetisi musim ini saja bakal ada lima tim sekaligus yang bersaing di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air, Liga 1.

Nama-nama tim seperti Persebaya Surabaya, Arema FC dan Persik Kediri merupakan sederet kekuatan lama yang pernah menggenggam manisnya gelar juara di akhir musim.

Selain itu, ada Madura United yang terus mendapatkan predikat favorit juara di setiap musimnya dan Persela Lamongan yang selalu jadi pembunuh tim raksasa.

Namun berkaca pada gelaran Piala Menpora 2021 lalu, para wakil dari Jawa Timur justru tak mampu berbuat banyak. Tak ada yang bisa lolos dari babak grup, selain Persebaya.

Tetapi, Green Force, julukan Persebaya, juga langsung ditekuk Persib Bandung lewat pertandingan ketat yang berakhir 3-2 di perempat final. Mereka gagal bersaing dengan klub-klub lainnya.

Lalu bagaimana peluang mereka di Liga 1 nanti? Apakah ada yang sanggup bertengger di papan atas dan berpacu dalam perlombaan juara? Yuk scroll ke bawah untuk melihat analisisnya. 

Saksikan Video Pilihan Kami

2 dari 6 halaman

Persik Kediri

Tim berjuluk Macan Putih ini merupakan salah satu kekuatan tradisional di sepak bola Indonesia. Tercatat, mereka pernah dua kali menggenggam gelar juara di era Liga Indonesia pada tahun 2003 dan 2006.

Situasi saat merengkuh gelar juara pertama tersebut bisa dikatakan mirip dengan yang terjadi saat ini. Kala itu mereka berstatus tim promosi dan dihuni pemain-pemain 'minimalis' seperti halnya tahun ini.

Jika mereka mampu membangkitkan semangat yang sama, bukan tidak mungin Persik akan menjadi sangat berbahaya di kompetisi nanti. Kedatangan Yousseff Ezzejjari, Arthur Felix dan Ibrahim Bahsoun, ikut menebalkan optimisme di tubuh tim.

  • Daftar Skuad
  • Kiper: Misbahul Santoso, Dikri Yusron, Dian Agus Prasetyo, Fajar Setya Jaya
  • Bek: Aldo Claudio, Dany Saputra, Mochammad Sabillah, Vava Mario Yagalo, Herman Yoku, Ibrahim Sanjaya, Bagas Satrio, Andri Ibo, Risna Prahalabenta, Agil Munawar, O.K. John, Arthur Felix Silva
  • Gelandang: Sackie Teah Doe, Krisna Bayu Otto, Yusuf Meilana Burhani, Moch. Gianfranco, Adi Eko Jayanto, Faris Aditama, Hariyanto Panto, M. Jordan Zamorano, Ahmad Agung Setiabudi, Eka Sama Adi Prasetya
  • Striker: Septian Bagaskara, Antoni Nugroho, Muhamad Ridwan, Roista Reistifar, Youssef Ezzejjari, Ibrahim Bahsoun
  • Perkiraan Klasemen: Papan Tengah-Bawah
3 dari 6 halaman

Persela Lamongan

Persela Lamongan terus menjadi salah satu kuda hitam kompetisi yang acapkali menjadi batu sandungan tim-tim raksasa. Kekuatan mereka seolah naik berkali-kali lipat saat menghadapi tim kuat terutama di markasnya, Stadion Surajaya.

Berada di pentas tertinggi hampir 20 tahun lamanya, tentu bakal menjadi motivasi tersendiri bagi skuad laskar Joko Tingkir, julukan Persela.

Kehadiran kuartet pemain asing dalam diri Demerson Bruno, Ivan Carlos, Brian Ferreira dan Guilherme Batata, bakal menguatkan fondasi yang tengah dibangun.

Dalam beberapa tahun terakhir, Persela ibarat candradimuka bagi pemain muda. Jika pelatih Iwan Setiawan bisa menemukan racikan yang tepat, bukan tidak mungkin kali ini Persela mampu berbicara lebih banyak di kompetisi nanti.

  • Daftar Skuad
  • Kiper: Rio Agata, Sheva Meindieta, Dwi Kuswanto, Wahyu Tanaya, Ravi Murdianto
  • Bek: Mochammad Zaenuri, Demerson, Ahmad Wahyudi, M. Nasir, Ahmad Birrul Walidain, Ahmad Ubaidillah, Andri Muliadi
  • Gelandang: Akbar Hermawan, Syahroni, Ahmad Bustomi, Riyatno Abiyoso, Riswan Yusman, Janneth Kamare, Brian Ferreira, Malik Risaldi, Iman Budi Hernandi, Guilherme Batata, Naufal Rahmada
  • Striker: Ivan Carlos, Risqki Putra Utomo, Ibrahim Kosepa, Revan Nurianto, Ricko Hardiansyah
  • Perkiraan Klasemen: Papan Tengah-Bawah
4 dari 6 halaman

Arema FC

Klub berjuluk Singo Edan ini merupakan salah satu tim yang disegani di kancah sepak bola Nasional. Dengan materi pemain yang terhitung lengkap dan berlabel timnas, Arema FC layak disebut kandidat juara musim ini.

Hasil minor di Piala Menpora 2021 lalu seolah tak mencerminkan kebesaran Arema. Hal itu menjadi tamparan keras bagi manajemen yang lantas menyerukan perubahan dengan merekrut pelatih sekaliber Eduardo Almeida.

Tak hanya itu, untuk melengkapi skuadnya Arema memilih pemain asing debutan yang salah satunya merupakan penjaga gawang. Sejak ketiadaan Kurnia Meiga, Arema memang kerap bermasalah dengan sosok di bawah mistar dan Adilson Maringa diharapkan menjadi solusi.

  • Daftar Skuad
  • Kiper: Teguh Amiruddin, Andriyas Francisco, Adilson Maringá, Kartika Ajie
  • Bek: Bagas Adi, Ikhfanul Alam, Rizky Dwi Febrianto, Aji Saka, Diego Michiels, Achmad Figo, Seiya Da Costa, Didik Ariyanto, Johan Alfarizi
  • Gelandang: Renshi Yamaguchi, Feby Eka Putra, Jayus Hariono, Ridwan Tawainella, Hanif Sjahbandi, Dendi Santoso, Vikrian Akbar, Dave Mustaine
  • Striker: Muhammad Rafli, Hamzah Titofani, Dedik Setiawan, Bramantyo Ramadhan, Kushedya Hari Yudo
  • Perkiraan Klasemen: Papan Tengah-Atas
5 dari 6 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya tak perlu diragukan lagi merupakan salah satu favorit juara musim ini. Ditangani pelatih kawakan Aji Santoso, skuad muda Green Force, julukan Persebaya, sempat membuat keder lawan di Piala Menpora 2021 lalu.

Deretan pemain yang mereka punya, rata-rata telah matang bermain di level internasional bersama tim nasional Indonesia kelompok umur. Maka tak heran meski dihuni banyak pemain muda permainan Persebaya tetaplah dewasa.

Apalagi di musim ini, Persebaya menggaet legiun asing yang terbilang masih berada di masa emas seorang pemain profesional. Jika pelatih asal Malang itu bisa menyatukan semua kekuatan yang ada, bukan tak mungkin capaian runner-up pada Liga 1 2019 lalu bisa terlewati.

  • Daftar Skuad
  • Kiper: Ernando Ari, Andhika Ramadhani, Satria Tama
  • Bek: Reva Adi Utama, Alie Sesay, Rachmat Irianto, Frank Sokoy, Arif Satria, Mokhamad Syaifuddin, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, Arizky Wahyu Satria
  • Gelandang: Marselino Ferdinan, Oktafianus Fernando, Taisei Marukawa, Mochammad Supriadi, Rendi Irwan, Ricky Kambuaya, Ady Setiawan, Dicky Kurniawan, Hambali Tolib, Muhammad Hidayat, Bruno Moreira, Fernando Pamungkas, Ruy Arianto
  • Striker: Samsul Arif Munip, Johan Yoga Utama, Akbar Firmansyah, Jose Wilkson
  • Perkiraan Klasemen: Papan Tengah-Atas
6 dari 6 halaman

Madura United

Melewatkan Madura United sebagai kandidat juara hanya karena kegagalan di Piala Menpora 2021 lalu, jelas sebuah kesalahan besar. Dengan skuad yang tak banyak berubah, laskar Sape Kerrap, julukan Madura United, tetaplah favorit musim ini.

Apalagi selepas kegagalan di turnamen pramusim lalu, Madura United langsung berbenah. Lini depan dirombak dengan memasukkan Rafael Silva sementara lubang di pertahanan ditutup dengan hadirnya Novan Sasongko.

Satu hal yang masih menjadi masalah adalah mentalitas juara Madura United yang membuat mereka kerap terpeleset di laga-laga menentukan. Meski begitu, tak diragukan lagi bila anak asuh Rahmad Darmawan bakal jadi penantang serius musim ini.

  • Daftar Skuad
  • Kiper: Muhammad Ridho, Muhammad Ridwan, Fawaid Ansory, Rizki Admojo
  • Bek: Guntur Ariyadi, Samuel Christianson, Jaimerson, Andik Rendika Rama, Dodi Alekvan Djin, Alfin Tuasalamony, Erik Gamis Sanjaya, Fachrudin Aryanto, Novan Sasongko, Kadek Raditya, Fadillah Nur Rahman
  • Gelandang: Asep Berlian, Bayu Gatra, Jacob Pepper, Slamet Nurcahyono, Maulana Romadhon, Jajá, Kevy Syahertian, Zulfiandi, Arya Aragani, David Laly
  • Striker: Rafael Silva, Haris Tuharea, Make Aldo, Sílvio Escobar, Ronaldo Kwateh
  • Perkiraan Klasemen: Papan Tengah-Atas 

Video Populer

Foto Populer