Sukses


Persija Jakarta, Menanti Sentuhan Sepak Bola Italia Saat Banyak Pemain Dilepas

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menatap Liga 1 2021/2022 dengan sejumlah perubahan. Juara Liga 1 2018 itu bersiap untuk kembali mengincar kejayaan pada musim ini dengan berbekal kehadiran pelatih asal Italia, Angelo Alessio.

Kehadiran Angelo Alessio menambah aroma Italia di tubuh Persija Jakarta yang sebelumnya sudah memiliki Marco Motta di lini pertahanan tim. Angelo Alessio yang merupakan asisten Antonio Conte di Siena, Timnas Italia, dan Chelsea itu tentu diharapkan bisa membawa Macan Kemayoran berbicara banyak di Liga 1.

Maklum setelah menjadi juara Liga 1 2018, Persija ditinggal pelatih Stefano Cugurra yang pindah ke Bali United dan seperti kehilangan taji. Sejumlah pelatih, seperti Ivan Kolev, Julio Banuelos, dan Edson Tavares tak bisa membantu Persija bersaing di papan atas dan akhirnya harus menyelesaikan musim di posisi ke-10 dalam klasemen Liga 1 2019.

Setelah Liga 1 2020 terhenti karena pandemi COVID-19, jelas Liga 1 2021/2022 akan menjadi momen bagi Persija untuk bangkit. Apalagi Macan Kemayoran sukses menyabet gelar juara Piala Menpora 2021 yang merupakan turnamen pramusim yang digelar pada Maret hingga April 2021 lalu.

Keberhasilan Persija menjuarai Piala Menpora 2021 seakan memunculkan asa agar Macan Kemayoran bisa mengulang sukses pada musim 2018. Kala itu, Persija menjuarai Piala Presiden 2018 yang merupakan turnamen pramusim dan melanjutkan kiprah bagusnya dengan menjadi juara Liga 1 2018.

Namun, sejumlah perubahan jelang Liga 1 2021/2022 dibuat oleh Persija. Sejumlah pemain berkualitas dilepas, seperti Evan Dimas, Marc Klok, Sandi Sute, dan Heri Susanto. Padahal Persija sejauh ini hanya merekrut dua pemain baru, yaitu bek asing asal Brasil yang turut membantu Persija menjuarai Piala Menpora 2021, Yann Motta, dan Yoewanto Setya Beny.

Beruntung sejumlah pilar lain tetap bertahan. Sebut saja Marko Simic, Rohit Chand, Otavio Dutra, Marco Motta, hingga Riko Simanjuntak yang tetap berseragam Persija. Mereka diharapkan bisa mempertahankan permainan Macan Kemayoran dan bangkit untuk bisa kembali meraih kejayaan seperti 2018 silam.

Tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Angelo Alessio untuk bisa memaksimalkan pemain-pemain yang dimilikinya. Namun, pelatih asal Italia itu pun tampaknya punya niat untuk mempromosikan sejumlah pemain muda Persija masuk ke tim senior.

"Setelah internal game kemarin, saya melihat kami memiliki pemain muda yang bagus. Saya baru sebentar bersama mereka dan belum kenal baik karakternya," kata Angelo Alessio, Selasa (29/6/2021).

"Namun, secara umum saya melihat mereka punya kualitas bagus. Mereka masih menyimpan ruang untuk berkembang lebih baik pada masa depan lewat kerja keras," lanjut pelatih asal Italia itu.

Pelatih baru Persija Jakarta ini memang harus bergerak cepat untuk menyusun timnya. Meski kick-off Liga 1 2021/2022 harus ditunda karena angka kasus COVID-19 yang meningkat pada akhir Juni 2021, Alessio harus segera berkolaborasi dengan manajemen klub untuk mendatangkan pemain-pemain yang harus mengisi lini tengah Macan Kemayoran yang ditinggal sejumlah pemain, seperti Evan Dimas, Marc Klok, dan Sandi Sute.

Apakah Alessio mampu mengangkat Persija Jakarta kembali ke papan atas ketika sejumlah pemain bintang justru pergi?

Video

2 dari 4 halaman

Profil Pelatih: Angelo Alessio

Pelatih ini akan menjadi allenatore pertama asal Negeri Pizza yang pernah menangani Persija Jakarta. Namun, berbekal pengalaman bertahun-tahun menjadi asisten pelatih Antonio Conte membuat Angelo Alessio bisa diandalkan untuk membantu Macan Kemayoran berprestasi.

Mantan pemain Juventus pada medio 1987 hingga 1992 itu merupakan pelatih yang sempat bergabung dengan sejumlah klub besar Italia dengan jabatan sebagai asisten pelatih. Ia pernah turut menangani Napoli, Siena, Juventus, Timnas Italia, dan Chelsea. Bersama Siena, Timnas Italia, dan Chelea, Alessio dipercaya menjadi asisten dari Antonio Conte.

Menjadi pelatih Persija Jakarta akan menjadi ujian yang cukup berat bagi Alessio. The Jakmania, pendukung Macan Kemayoran, tentu memiliki harapan agar klub kesayangan mereka bisa berbicara di papan atas Liga 1 2021/2022. Apalagi sebagai pelatih kepala, Alessio belum punya banyak pengalaman.

Setelah mendampingi Conte di Chelsea, di mana gelar juara Premier League 2016/2017 merupakan prestasi yang diraihnya, Alessio bergabung bersama klub Skotlandia, Kilmarnock, sebagai manajer kepala. Namun, ia dipecat hanya dalam kurun waktu enam bulan.

Kini Persija Jakarta menjadi klub kedua yang akan ditanganinya sebagai pelatih kepala. Menarik melihat Macan Kemayoran yang belum ditangani oleh seorang pelatih asal Italia akan tampil di Liga 1 2021/2022. Apakah permainan Persija dan strategi Alessio akan cocok?

3 dari 4 halaman

Bintang: Marko Simic

Marko Simic masih akan menjadi andalan Persija Jakarta untuk mengumpulkan pundi-pundi gol di Liga 1 2021/2022. Striker asal Kroasia itu merupakan penyerang yang sudah menjadi idola The Jakmania sejak bergabung pada awal musim 2018.

Tidak hanya membantu Persija Jakarta menjuarai Piala Presiden 2018, di mana ia juga menjadi pemain terbaik dan top scorer, Marko Simic sukses mengantar Persija menjadi juara Liga 1 2018.

Setahun berselang, meski gagal membawa Persija mempertahankan gelar juara, Simic sukses menjadi top scorer di Liga 1 2019.

Meski pada Piala Menpora 2021 lalu Simic tidak terlalu subur, dengan hanya mencetak dua gol, striker bertubuh besar itu akan tetap jadi targetman di depan gawang lawan.

Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay dipercaya akan menjadi pelayan yang bagus untuk membantu Simic menjadi goal getter Macan Kemayoran.

4 dari 4 halaman

Data Klub

Klub: Persija Jakarta

Berdiri: 1928

Prestasi Musim Lalu: Peringkat 10 Liga 1 2019

Presiden: Mohamad Prapanca

Pelatih: Angelo Alessio

Susunan pemain

Kiper: Andritany Ardhiyasa, Adixi Lenzivio, Yoewanto Setya Beny

Belakang: Yann Motta, Otavio Dutra, Ismed Sofyan, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanussa, Marco Motta, Maman Abdurrahman, Alfath Fathier

Tengah: Ramdani Lestaluhu, Novri Setiawan, Rohit Chand, Braif Fatari

Depan: Marko Simic, Riko Simanjuntak, Taufik Hidayat, Osvaldo Haay

Video Populer

Foto Populer