Sukses


Wawancara Marcelo Pires, Menentukan Pilihan di Tengah Ketatnya Persaingan Kiper Bali United

Bola.com, Denpasar - Bali United memiliki empat kiper yang siap bersaing untuk mendapatkan tempat di tim utama, bahkan di bawah mistar gawang Serdadu Tridatu, di kompetisi 2021, baik di Liga 1 2021/2022 maupun di Piala AFC 2021. Satu yang menarik, keempat penjaga gawang itu punya kemampuan masing-masing.

Bali United punya Wawan Hendrawan, Nadeo Argawinata, Samuel Reimas, dan Rakasurya Handika. Tentu cukup sulit bagi pelatih Bali United, Marcelo da Silva Pires, menentukan siapa yang akan menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Serdadu Tridatu.

Sebagai contoh, ketika Piala Menpora 2021. Bali United sepanjang turnamen hanya memainkan Wawan Hendrawan. Kecuali ketika Bali United harus menjalani adu penalti dalam laga delapan besar kontra PSS Sleman, di mana Marcelo Pires memasukkan Samuel Reimas.

Sementara pada musim 2020, Bali United sempat menjadikan Nadeo Argawinata sebagai pilihan utama ketika tampil di Piala AFC. Saat itu pelatih kiper Bali United dijabat oleh Andrew Keith Peterson.

Tentu menarik bagaimana melihat bagaimana Marcelo Pires akan menentukan penjaga gawang utama Bali United pada musim ini. Bicara soal pilihan tersebut, pelatih berpaspor Brasil itu pun memberikan jawaban. Berikut petikan wawancaranya:

Video

2 dari 3 halaman

Kiper Berpengalaman

Sampai Piala Menpora 2021 lalu, Wawan Hendrawan masih menjadi pilihan utama. Apakah alasannya karena pengalaman seorang kiper menjadi krusial di dalam tim?

Wawan merupakan penjaga gawang yang berpengalaman. Saya selalu mengatakan bahwa Bali United memiliki empat penjaga gawang, tapi kami selalu memulai dengan satu penjaga gawang.

Saat Tour de Java lalu, saya memainkan Wawan, Samuel, dan Rakasurya. Saya sangat menikmati semua penampilan anak-anak asuh saya.

Namun, kami masih perlu meningkatkan lagi performa penjaga gawang di lapangan.

 

Nadeo Argawinata sudah kembali dari Timnas Indonesia. Bagaimana kondisinya dan kans yang dimilikinya bersama Bali United?

Saya menyukai penampilan Nadeo di Timnas Indonesia, dan itu memperlihatkan kepada saya bahwa Bali United memang memiliki penjaga gawang yang berkualitas.

Nadeo adalah kiper muda berkualitas. Dia adalah seorang atlet yang membantu klub mencapai tujuan berprestasi untuk tim.

Ketika dia sudah kembali ke tim, tentu akan ada perbaikan yang perlu dilakukan agar dia menjadi lebih baik lagi.

3 dari 3 halaman

Dasar Pemilihan dan Karakteristik Kiper Bali United

Apa yang akan menjadi dasar pemilihan penjaga gawang dalam setiap pertandingan?

Saya melihat keseriusan saat latihan dan mereka mendengarkan instruksi. Saat pemain tersebut siap, maka saya bisa memasang mereka.

Jika pemain itu siap bertanding, maka saya akan memainkannya dan itu terlihat saat pertandingan. Saya mengganti penjaga gawang saat momen krusial yang memaksa tim membutuhkan kiper pengganti.

Namun, secara keseluruhan semua kiper Bali United baik dan bagus. Mereka semua punya kesempatan untuk membantu tim.

 

Bagaimana Anda melihat karakteristik keempat penjaga gawang yang dimiliki Bali United?

Wawan Hendrawan adalah pemimpin dalam tim ini. Dia sangat berpengalaman dengan teknik yang sangat baik.

Kalau Nadeo adalah penjaga gawang profesional dengan kualitas teknis yang bagus. Meski ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki, selama latihan kami akan memperbaikinya.

Samuel adalah penjaga gawang yang cukup gesit dan dengan kepemimpinan yang baik di dalam tim, kami tim pelatih akan memperbaiki bagian teknis tersebut.

Terakhir adalah Rakasurya. Dia penjaga gawang muda dengan masa depan yang menjanjikan. Dia penjaga gawang yang sangat baik, tapi masih muda dan perlu terus untuk diasah.

Video Populer

Foto Populer