Sukses


Parade Pemain Asing Persipura: Kurang Menggigit Nih!

Bola.com, Jayapura - Persipura Jayapura kini mulai terbiasa dengan komposisi pemain yang biasa. Tim berjulukan Mutiara Hitam itu tidak lagi bertabur bintang seperti 5-10 tahun lalu.

Persipura Jayapura sekarang lebih memilih memanfaatkan putra daerah, alih-alih mendaratkan nama-nama tenar ke Tanah Papua.

Pada musim ini misalnya. Persipura bahkan tidak banyak mendatangkan pemain. Sedikitnya, Mutiara Hitam menggaet tiga nama, dengan dua di antaranya adalah pemain asing.

Keduanya adalah Yevhen Bokhashvili dan Henrique Motta. Satu lagi adalah pemain muda yang dipinjam dari Borneo FC, Irsan Lestaluhu.

Selain di Liga 1, Persipura Jayapura juga akan berkancah di Piala AFC 2021. Masalahnya, turnamen itu tidak jelas. Sebab, belum ada satu pun negara yang berminat untuk menjadi tuan rumah babak penyisihan Zona Asia Tenggara (ASEAN).

Untuk pos legiun impor, Persipura sejauh ini baru berkekuatan tiga nama. Ketiganya adalah Bokhashvili, Takuya Matsunaga, dan Motta. Mutiara Hitam belum berencana untuk melengkapi kuotanya menjadi empat.

Berikut tiga pemain asing Persipura di musim ini yang diulas oleh Bola.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Takuya Matsunaga

Takuya Matsunaga merupakan satu-satunya pemain asing Persipura Jayapura yang dipertahankan sejak musim lalu ketika Liga 1 2020 terhenti. Manajemen Persipura memastikan pemain yang karib disapa Taki ini bertahan pada akhir Maret 2021.

Belum banyak memperlihatkan aksinya bersama Persipura, tapi pemain asal Jepang ini tercatat selalu tampil dalam tiga pertandingan yang dijalani Persipura di Liga 1 2020 sebelum kompetisi terhenti karena pandemi COVID-19.

Selain itu, Takuya Matsunaga sebelumnya juga merupakan pemain yang pernah berkarier bersama Kalteng Putra di Liga 1 2019.

Datang di putaran kedua Liga 1 2019, Takuya Matsunaga tampil dalam 17 pertandingan dan berhasil mempersembahkan dua gol dan satu assist untuk timnya.

Meski lahir dan menjalani karier junior di Jepang, Takuya Matsunaga sudah melanglangbuana di level profesional. Ia pernah berkarier di Lithuania, Estonia, dan Kepulauan Faroe hingga akhirnya berkarier di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Henrique Motta

Persipura Jayapura kemudian mendatangkan pemain asing asal Brasil untuk memperkuat lini pertahanan pada 24 Mei lalu. Henrique Marcelino Motta merupakan pemain yang direkrut oleh Mutiara Hitam ungul tampil di Liga 1 dan Piala AFC tahun ini.

Pemain ini didatangkan dari klub Malta, Zejtun Corinthians. Kehadiran Motta diharapkan bisa membantu Persipura Jayapura meraih kesuksesan pada musim ini, melaju jauh di dua kompetisi sekaligus.

Meski baru sekali berkarier di Indonesia, Motta punya pengalaman berkarier di Vietnam. Ia pernah membela Hoang Anh Gia pada 2018.

Pemain Brasil ini merupakan hasil rekomendasi langsung pelatih Persipura, Jacksen Tiago. Hal tersebut yang membuat Persipura tidak berpikir panjang untuk merekrut sang pemain demi memperkuat lini pertahanan.

4 dari 4 halaman

Yevhen Bokhasvili

Setelah lini tengah dan lini pertahanan diperkuat oleh pilar asing, Persipura Jayapura juga memperkuat lini serangnya dengan merekrut pemain asing asal Ukraina yang pernah berkarier di Indonesia bersama PSS Sleman, Yevhen Bokhasvili.

Persipura mengaku merekrut pemain Ukraina itu karena memang sudah menjadi target dari sang pelatih Jacksen Tiago.

Kehadiran Yevhen Bokhasvili, yang merupakan mantan mesin gol PSS Sleman, diyakini akan membuat lini serang Persipura sangat menyeramkan pada musim ini sehingga bisa bersaing di Liga 1 dan Piala AFC.

Yevhen Bokhasvili yang juga pernah melihat permainan Persipura saat masih berseragam PSS, tidak membuang kesempatan untuk datang bergabung dengan Tim Mutiara Hitam.

Tidak mustahil dengan ketertarikannya membela Persipura yang bak gayung bersambut dengan keinginan Jacksen Tiago merekrutnya, membuat permainannya akan lepas dan beradaptasi cepat sebagai mesin gol baru bagi tim asal Jayapura itu.

Namun, statistik Yevhen Bokhasvili selama semusim belakangan kurang menggigit. Striker berusia 28 tahun itu didepak oleh klub Malaysia, Pahang FC, karena hanya mencetak satu gol dari sepuluh penampilan.

Video Populer

Foto Populer