Sukses


Ulasan Formasi A dan B Persib dengan Skuad Bertabur Bintang: Andalkan 4-4-2, Punya Opsi Lain Tak Kalah Oke

Bola.com, Bandung - Persib Bandung tidak main-main dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2021/2022. Tim berjuluk Maung Bandung tersebut banyak mendatangkan pemain berlabel bintang.

Terbaru, Persib Bandung resmi mengikat pemain naturalisasi Marc Klok dengan durasi kontrak selama empat tahun. Kehadiran pemain berusia 28 tahun itu membuat lini tengah Maung Bandung semakin berwarna.

Sebelum Marc Klok bergabung, Persib telah mendatangkan Mohammed Rashid dari klub Liga Arab Saudi, Al Jeel. Penggawa Timnas Palestina ini disiapkan Persib untuk memperkuat lini tengah.

Kehadiaran kedua pemain tersebut menegaskan Persib serius menatap kompetisi Liga 1. Mereka memiliki ambisi besar yakni membidik target juara.

"Tentunya kami membidik posisi atas, memang kami belum bisa berbicara secara pasti karena kami belum tahu apakah akan ada Piala FA (turnamen domestik), tapi untuk musim ini kami tentu membidik posisi teratas,"ujar Pelatih Persib, Robert Alberts pada Mei lalu. 

Saat ini, Persib Bandung memiliki komposisi pemain yang merata di setiap sektor, mulai dari lini belakang hingga depan. Hal ini tentu memudahkan pelatih Robert Alberts dalam meracik timnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Kental Pakai 4-4-2, tapi Punya Alternatif

Pelatih berpaspor Belanda ini memang kental dengan formasi 4-4-2. Skema ini selalu digunakan Robert Alberts saat timnya menjalani Turnamen Piala Menpora 2021.

Hasilnya cukup memuaskan. Persib mampu melaju ke partai final dengan status tim tak terkalahkan. Tetapi, Persib takluk dari Persija Jakarta di partai puncak dengan agregat 4-1.

Tak hanya skema 4-4-2, Robert juga menyiapkan alternatif lain. Dia sempat mencoba menerapkan formasi 3-4-3 dalam beberapa uji coba.

Jika menggunakan formasi 4-4-2, lini belakang dipastikan menjadi milik Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus dan Supardi. Komposisi ini sudah teruji dalam beberapa pertandingan di Piala Menpora.

Selanjutnya di lini tengah, kemungkinan mengalami perubahan karena kehadiran Marc Klok dan Mohammed Rashid. Kedua pemain ini akan menjadi sosok sentral di lini tengah Maung Bandung.

Marc Klok dan Mohammed Rashid memang memiliki karakter yang sama sebagai gelandang bertahan. Tapi, di sisi lain kedua pemain ini memiliki keunggulan dalam set up menyerang.

Sektor sayap sudah dipastikan dihuni dua pemain lokal yakni Febri Hariyadi dan Frets Butuan. Kecepatan dan kelincahan keduanya menjadi andalan tim ketika mendobrak pertahanan tim lawan.

Kemudian, untuk lini depan duet bomber asing Geoffrey Castillion dan Wander Luiz akan kembali dipercaya. Duet keduanya merupakan senjata tajam Persib musim lalu.

Robert Alberts bisa saja menggunakan tiga pemain di lini belakang dengan skema 3-4-3. Bagi pemain Persib memang baru, tapi ini sudah menjadi trend klub-klub Eropa dalam beberapa tahun terakhir ini.

Tiga pemain di lini belakang Persib, Robert mempercayakan kepada Victor Igbonefo, Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto. Ini terlihat dalam beberapa uji coba terakhir Persib.

"Ya bisa dikatakan kami bermain dengan formasi 3-4-3, jika ditambah dengan Made di belakang menjadi 1-3-4-3," ujar Robert usai pertandingan Persib melawan Karawang United dalam laga uji coba, awal Juni lalu.

Posisi wing back diisi Supardi Nasir dan Ardi Idrus. Posisi ini paling menonjol karena punya peran sangat penting. Selain membantu penyerangan, wing back juga harus kuat dalam bertahan.

Sektor gelandang Robert mempunyai banyak pilihan, bisa menurunkan duet Marc Klok dan Mohammed Rashid atau Dedi Kusnandar dan Beckham Putra Nugraha.

Selanjutnya di lini depan, Persib memiliki sederet nama. Sebut saja Ezra Walian, Febri Hariyadi, Frets Butuan, Esteban Vizcarra, Geoffrey Castillion dan Wander Luiz. 

 

3 dari 3 halaman

Formasi 4-4-2 dan 4-4-3

Formasi 4-4-2 

  • Kiper: Teja Paku Alam
  • Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Ardi Idrus dan Supardi Nasir
  • Tengah: Marc Klok, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi dan Frets Butuan
  • Depan: Geoffrey Castillion dan Wander

Formasi 3-4-3

  • Kiper: I Made Wirawan
  • Belakang: Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto
  • Tengah: Ardi Idrus, Supardi Nasir, Marc Klok, Mohammed Rashid
  • Depan: Ezra Walian, Esteban Vizcarra dan Wander Luiz

Cadangan :

Kiper: Muhammad Natshir dan Aqil Savik

Bek: Bayu Fiqri, Kakang Rudianto, Mario Jardel, Henhen Herdiana dan Zalnando

Tengah: Gian Zola, Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Dedi Kusnandar, Syafril Lestaluhu, Erwin Ramdani dan Saiful

Depan: Ravil Shandyka Putra    

 

Video Populer

Foto Populer