Sukses


Menakar Kans Achmad Jufriyanto di Lini Belakang Persib pada Liga 1 Musim Ini: Butuh Kerja Keras!

Bola.com, Bandung - Bek tengah Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, tercatat baru kembali bergabung dengan Maung Bandung pada Februari 2021 lalu, saat kembali dari masa peminjaman di Bhayangkara FC.

Kini kembalinya Achmad Jufriyanto membuat lini pertahanan Persib Bandung kembali kukuh setelah ditinggal Fabiano Beltrame. Hadirnya pemain yang karib disapa Jupe itu membuat Persib kembali diperkuat lima pemain berposisi sebagai bek tengah.

Kelima pemain tersebut adalah Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Bayu Fiqri, Kakang Rudianto, dan Achmad Jufriyanto sendiri. Mereka akan bersaing untuk mendapatkan posisi secara reguler di dalam tim inti Maung Bandung.

Jupe tampaknya akan butuh upaya keras untuk memperbesar peluang menjadi pengisi lini bertahan Persib Bandung. Pasalnya, dalam Piala Menpora 2021, Robert Alberts lebih mempercayakan posisi dua bek tengah kepada Victor Igbonefo dan Nick Kuipers.

Tercatat dalam delapan pertandingan yang dijalani Persib di Piala Menpora 2021, Jupe hanya bermain empat pertandingan, dengan dua di antaranya sebagai starter, yaitu ketika menghadapi Persita Tangerang di fase grup dan Persija Jakarta di leg kedua pertandingan final.

Jupe pun mengakui Victor Igbonefo dan Nick Kuipers merupakan pesaing berat untuk mengisi posisi di tim inti Persib Bandung. Namun, itu bukan menjadi masalah bagi Jupe karena dalam sepak bola persaingan di dalam tim adalah sesuatu yang wajar.

"Persaingan iya, teman berbagi di posisi yang sama juga iya. Kami itu rekan setim, satu tim, jadi persaingan itu hal yang normal dan bisa membantu performa tim," ujar Jupe.

Kendati demikian, Jupe tidak mengecilkan potensi bek muda yang dimiliki Persib, seperti Bayu Fiqri dan Kakang Rudianto. Kedua pemain ini memiliki kesempatan mendapatkan posisi utama di lini pertahanan.

"Bagus untuk tim, dan bagi saya yang senior, itu menjadi motivasi pribadi. Tidak bisa bersantai karena pemain muda ingin mengejar kita. Mereka juga ingin berada di tim utama, apalagi kompetisi di dalam tim sangat bagus untuk tim itu sendiri," lanjut bek Persib Bandung itu.

 

Video

2 dari 2 halaman

Bolak-balik Persib

Liga 1 2021/2022 bukan pertama kalinya Jupe membela Persib Bandung. Pemain berusia 34 tahun itu sebelumnya pernah berkostum Persib pada musim 2013-2016, 2017, 2019, dan kini 2021.

Persib pertama kali memboyong Jupe pada musim 2013. Musim pertamanya bersama Persib, Jupe sukses mengantarkan tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu merengkuh gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Kemudian pemain berpostur 183 cm itu kembali mencatatkan sejarah manis untuk Persib. Jupe membawa Persib menjadi juara di Piala Presiden 2015.

Namun, ia kemudian memutuskan berpisah dengan Persib pada 2016 dan bergabung bersama klub lamanya, Sriwijaya FC. Bersama Laskar Wong Kito, pemain kelahiran Tangerang ini hanya bertahan selama satu musim. Jupe kemudian kembali ke Persib pada 2017.

Pada musim 2018, tanpa alasan jelas Jupe hengkang dari Persib dan bergabung bersama klub Liga Malaysia, Kuala Lumpur FA. Namun, cedera yang dialami Jupe membuat manajemen klub Malaysia itu melepasnya.

Jupe kembali membela Persib pada musim 2019 setelah mendapatkan rekomendasi dari pelatih anyarnya, Robert Alberts. Sementara di lini pertahanan, Jupe berduet dengan Nick Kuipers.

Kemudian ia dipinjamkan ke Bhayangkara FC pada kompetisi 2020. Sayang, Jupe tidak bisa banyak beraksi bersama The Guardians karena kompetisi terhenti lantaran pandemi COVID-19. Setelah peminjaman berakhir pada awal 2021, Jupe kembali ke Persib hingga saat ini.

"Sangat baik melihat Jupe kembali. Pada musim lalu, kami sebenarnya juga tidak pernah ingin melepaskan Jupe. Namun, saat itu Jupe yang meminta karena ketika itu banyaka pemain yang juga berada di posisinya bermain," ujar Robert Alberts.

 

Video Populer

Foto Populer