Kiprah 4 Pemain Indonesia di Malaysia, Siapa Paling Tokcer?

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 14 Jul 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 14 Jul 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi - Saddil Ramdani dan Ryuji Utomo nuansa Liga Malaysia
Ilustrasi - Saddil Ramdani dan Ryuji Utomo nuansa Liga Malaysia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Kuala Lumpur - Ketidakjelasan kompetisi membuat satu per satu pesepak bola Indonesia meninggalkan Tanah Air untuk berkarier di luar negeri. Malaysia menjadi destinasi utama karena beberapa faktor, misalnya kedekatan wilayah dan gaji yang lebih besar.

Empat pemain Indonesia memilih untuk berkiprah di Liga Malaysia, baik di Liga Super sebagai kasta teratas maupun Liga Primer alias divisi kedua. Dari jumlah itu, Ryuji Utomo menjadi pesepak bola paling bersinar secara tim hingga saat ini.

Ryuji Utomo adalah bagian penting dari perjalanan Penang FC di Liga Super Malaysia musim ini. Ketangguhan bek berusia 25 tahun itu membuat tim promosi tersebut mampu bercokol di peringkat ke-13 dengan 22 poin.

Dari 13 pertandingan Penang FC, Ryuji bermain delapan kali. Pemain berusia 26 tahun itu absen dalam lima laga gara-gara menderita cedera hamstring.

Ketika baru bergabung, Ryuji bahkan sempat ditunjuk menjadi kapten Penang FC ketika beruji coba pada Maret 2021.

Ryuji Utomo berstatus pemain pinjaman Penang FC dari Persija Jakarta. Anggota Timnas Indonesia itu akan bermain di Malaysia hingga akhir tahun ini.

Saat ini, Liga Super dan Liga Primer Malaysia masih rehat tengah musim. Kompetisi akan berlanjut pada akhir Juli 2021.

2 dari 5 halaman

Saddil Ramdani (Sabah FC)

Saddil Ramdani (kiri) beraksi ketika Sabah FC menang 3-0 atas Kuching City FC dalam laga uji coba pada Minggu (28/3/2021).
Saddil Ramdani (kiri) beraksi ketika Sabah FC menang 3-0 atas Kuching City FC dalam laga uji coba pada Minggu (28/3/2021). (Doc: Facebook Sabah Football Club).

Jika Ryuji Utomo paling tokcer secara tim, Saddil Ramdani menjadi pemain Indonesia paling mencolok secara individual.

Saddil, yang bermain untuk Sabah FC di Liga Super Malaysia, telah mencetak tiga gol dan tiga assist dari 11 penampilan untuk timnya itu.

Berkat penampilan gemilangnya, Saddil mendapatkan hadiah perpanjangan kontrak selama semusim dari Sabah FC.

"Alhamdulillah, ini semua berkat teman-teman di dalam tim, ofisial, dan pelatih yang sudah memercayakan saya buat selalu tampil di Liga Super Malaysia. Saya sangat bersyukur, karena di sini saya didukung oleh masyarakat dengan penuh cinta dan kasih sayang terhadap pendatang seperti saya," kata Saddil.

Sabah FC juga ditangani oleh pelatih asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Saddil dkk. saat ini menduduki posisi ketujuh dengan 16 poin dari 13 partai.

3 dari 5 halaman

Natanael Siringoringo (Kelantan FC)

Wonderkid Timnas Indonesia, Natanael Siringoringo mendapatkan perpanjangan kontrak tiga tahun dari Kelantan FC.
Wonderkid Timnas Indonesia, Natanael Siringoringo mendapatkan perpanjangan kontrak tiga tahun dari Kelantan FC. (Facebook TRW Kelantan FC).

Dalam waktu singkat, Natanael Siringoringo menjelma sebagai pujaan pendukung Kelantan FC. Sebab, gelandang berusia 21 tahun itu mampu bermain impresif di Liga Primer Malaysia.

Natanael Siringoringo berhasil menyumbangkan satu gol dan dua assist untuk Kelantan FC pada musim ini.

Pemain yang pernah dipanggil ke pemusatan latihan Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 itu juga terpilih sebagai pemain terbaik ketika Kelantan FC mengimbangi Terengganu II pada 16 Maret 2021.

Performa menjanjikan Natanael Siringoringo membuatnya diganjar perpanjangan kontra tiga tahun oleh Kelantan FC.

"Natanael Siringoringo telah setuju untuk menandatangani kontrak tambahan selama tiga tahun bersama Kelantan FC," tulis klub tersebut dalam laman Facebook, TRW Kelantan FC.

"Natanael Siringoringo, yang merupakan pemain Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021, berjanji akan memberikan aksi terbaik dan terus berbakti bersama Kelantan FC selama diperlukan," demikian bunyi keterangan tersebut.

4 dari 5 halaman

Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim)

Syahrian Abimanyu
Johor Darul Ta'zim berencana untuk langsung meminjamkan Syahrian Abimanyu ke klub luar negeri karena dianggap sebagai investasi jangka panjang. (dok. Johor Darul Ta'zim)

Syahrian Abimanyu akan memperkuat Johor Darul Ta'zim (JDT) di putaran kedua Liga Super Malaysia. Sebelumnya, gelandang berusia 22 tahun itu dipinjamkan ke klub Australia, Newcastle Jets, selama setengah tahun.

Bersama Newcastle Jets, Abimanyu tidak banyak bermain. Mantan pemain Madura United itu hanya dimainkan dalam tiga pertandingan dengan total tujuh menit bermain.

JDT baru mengontrak Abimanyu selama tiga setengah tahun pada Desember 2020. Bersama JDT, Abimanyu hanya akan bermain di Liga Super. Anggota Timnas Indonesia itu tidak didaftarkan di Liga Champions Asia 2021.

Bos JDT, Tunku Ismail Sultan Ibrahim, memastikan selain Syahrian Abimanyu, timnya juga dapat memainkan Nathaniel Shio Hong Wan yang baru diboyong dari Wolverhampton Wanderers.

"Mereka akan bermain dalam pertandingan Liga Super Malaysia atau Piala Malaysia, tapi bukan Liga Champions Asia," kata pria yang karib dipanggil TMJ itu dalam bincang-bincangnya di program Nindia Bola melalui channel YouTube Astro Arena.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓