Sukses


PSSI Tuntut Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Lolos dari Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023

Bola.com, Jakarta - PSSI menuntut pelatih Shin Tae-yong untuk meloloskan Timnas Indonesia dari babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023. Tim berjulukan Skuad Garuda ini akan menghadapi Chinese Taipei dalam dua leg.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Chinese Taipei pada 7 September 2021, lalu gantian bertandang pada 12 Oktober 2021.

Untuk mematangkan persiapan, Timnas Indonesia bakal menggelar pemusatan latihan pada 1 Agustus 2021. Lokasinya antara di Palembang atau Samarinda mengingat Jakarta masuk zona merah COVID-19.

Sebelumnya, Timnas Indonesia menjadi juru kunci putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia 2023. Hasil itu membuat Skuad Garuda harus melalui play-off untuk lolos ke ronde ketiga.

"Partai melawan Chinese Taipei, kami akan mempersiapkan Timnas Indonesia secara maksimal. Sebab, PSSI mau mereka menang dan tentunya dapat lolos ke Piala Asia 2023," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dinukil dari laman PSSI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Absen di Periode Awal

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terpaksa absen dalam periode awal pemusatan latihan timnya pada 1 Agustus 2021. Pasalnya, arsitek berusia 51 tahun itu masih berada di Korea Selatan.

Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 5 Agustus 2021. Setelah tiba, nakhoda kelahiran 11 Oktober 1970 itu perlu melewati masa karantina selama lima hari sebelum beraktivitas.

Estimasinya, Shin Tae-yong baru bisa memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia paling cepat pada 10 Agustus 2021.

Namun, Shin Tae-yong tetap bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu bakal supervisi langsung pemusatan latihan Timnas Indonesia dari kampung halamannya.

"Shin Tae-yong akan datang ke Jakarta pada 5 Agustus 2021. Nantinya, Shin Tae-yong bakal memantau pemusatan latihan secara virtual lebih dulu karena masih berada di Korea Selatan," ujar Yunus Nusi.

3 dari 3 halaman

Jadwal Kepulangan Ngaret

Shin Tae-yong pulang ke Korea Selatan sejak akhir Juni 2021. Arsitek Timnas Indonesia berusia 51 tahun itu diberikan waktu selama 28 hari oleh PSSI untuk mudik ke kampung halamannya.

PSSI mengklaim kepergian Shin Tae-yong ke Negeri Ginseng bertujuan untuk berobat dan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Shin Tae-yong pernah terpapar COVID-19 di Indonesia pada Maret 2021. Setelah negatif, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu pulang ke kampung halamannya untuk melanjutkan perawatan karena disebut menderita diabetes.

Menurut Yunus, Shin Tae-yong seharusnya tiba di Indonesia pada 23 Juli 2021. Namun, nakhoda kelahiran 11 Oktober 1970 itu baru bisa kembali pada awal Agustus lantaran medical check-up belum selesai.

"PSSI awalnya berharap Shin Tae-yong kembali ke Indonesia pada 23 Juli 2021 sesuai izin yang diberikan kepadanya selama 28 hari," ujar Yunus.

"Selama 14 hari ia karantina dan 14 hari sisanya dia check-up di Korea Selatan. Namun, karena dia masih membutuhkan waktu untuk berobat, PSSI memaklumi," jelas Yunus.

Video Populer

Foto Populer