5 Pelatih Lokal dengan Karier Gemilang di Persija, Sofyan Hadi Paling Moncer dan Berikan Gelar

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Jul 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 07:45 WIB
Persija Jakarta - Sudirman
Persija Jakarta - Sudirman (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Menjadi pelatih klub sebesar Persija Jakarta tentu bukan tugas mudah. Namun, tantangan itu berhasil dilewati oleh sejumlah pelatih-pelatih lokal Indonesia.

Persija Jakarta bukan klub yang alergi terhadap pelatih lokal. Klub ibu kota Indonesia itu tercatat pernah menggunakan pelatih lokal, bahkan ada yang mampu mempersembahkan gelar.

Sejak 1999, tercatat ada tujuh pelatih lokal yang menukangi Persija. Meskipun jumlahnya masih kalah dari gempuran pelatih-pelatih luar negeri.

Namun, hal itu menjadi bukti pelatih lokal mampu bersaing dengan legiun asing. Bisa dikatakan saat ini menggunakan pelatih asing menjadi standar gengsi tersendiri untuk klub-klub Indonesia, khususnya klub besar.

Zein Al Hadad menjadi pelatih Indonesia terakhir yang menukangi Persija pada 2016. Sejak saat itu sampai sekarang, Persija terus menggunakan pelatih asing pada kompetisi resmi.

Lantas, siapa saja pelatih lokal yang bisa dikatakan sukses melatih Persija Jakarta? Ukuran sukses di sini tak sekadar pencapaian gelar melainkan juga tantangan lain yang dihadapi.

2 dari 7 halaman

1. Danurwindo

Danurwindo
Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, memberikan instruksi saat proses seleksi Timnas Indonesia U-22 di Lapangan SPH Karawaci, Banten, Selasa (21/2/2017).(Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persija Jakarta diasuh Danurwindo pada Liga Super Indonesia 2008/2009. Pada putaran pertama, Persija tampil menakutkan dan berhasil menempati peringkat kedua klasemen sementara.

Namun, Persija mengalami penurunan performa pada putaran kedua. Penyebabnya adalah masalah internal yang terjadi di klub hingga tunggakan gaji pemain.

Meski demikian, pelatih Danurwindo tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Persija. Pada akhir musim, Persija akhirnya finis di posisi ketujuh dengan raihan 53 poin.

3 dari 7 halaman

2. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan, Tira Persikabo Vs Persija Jakarta
Rahmad Darmawan saat mendampingi Tira Persikabo melawan Kalteng Putra di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jumat (26/7/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Rahmad Darmawan tercatat sudah tiga periode menukangi Persija Jakarta. Pria yang akrab disapa RD itu menjadi pelatih Macan Kemayoran pada musim 2006/2007, 2010/2011, dan 2014/2015.

Musim 2010-2011 menjadi yang paling berkesan buat Rahmad Darmawan. Meskipun gagal meraih gelar, Persija asuhan RD mampu bersaing kompetitif sepanjang musim.

Persija finis di posisi ketiga klasemen akhir Liga Super Indonesia. Klub ibu kota mengumpulkan 52 poin, kalah delapan poin dari Persipura Jayapura yang jadi juara.

4 dari 7 halaman

3. Benny Dollo

Benny Dollo
Benny Dollo (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Benny Dollo tercatat memimpin Persija Jakarta pada dua periode. Pria yang akrab disapa Coach Bendol itu menjadi pelatih pada 2009/2010 dan 2013/2014.

Musim perdana Coach Bendol menjadi yang paling berkesan. Benny Dollo membuat Persija menjadi tim yang tangguh dan sukar dikalahkan.

Namun, Persija hanya mampu finis di posisi kelima dengan raihan 52 poin. Musim berikutnya, Benny Dollo kehilangan jabatannya dan digantikan Rahmad Darmawan.

5 dari 7 halaman

4. Sudirman

FOTO: Kebahagiaan Pep Guardiman Usai Membawa Persija Menjuarai Piala Menpora
Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, mengangkat trofi usai menjuarai Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021). Persija mengalahkan Persib dengan agregat 4-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sudirman berhasil mempersembahkan gelar Piala Menpora 2021 untuk Persija Jakarta. Ketika itu, Sudirman berstatus sebagai pelatih sementara klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

Di bawah asuhan Sudirman, Persija menjelma menjadi tim tangguh yang sulit dikalahkan. Persija tercatat hanya kalah sekali dari delapan pertandingan yang dimainkan di Piala Menpora 2021.

Sudirman saat ini harus kembali ke posisi asisten pelatih Persija Jakarta. Sudirman akan mendampingi pelatih Angelo Alessio dalam mengarungi Liga 1 2021/2022.

6 dari 7 halaman

5. Sofyan Hadi

Mantan Pelatih Persija Jakarta, Sofyan Hadi
Mantan Pelatih Persija Jakarta, Sofyan Hadi tengah berjuang melawan kanker (Liputan6/Rejdo Prahananda)

Sofyan Hadi bisa dikatakan sebagai pelatih lokal tersukses di Persija Jakarta sepanjang Liga Indonesia. Sofyan Hadi menjadi satu-satunya pelatih lokal yang mampu mempersembahkan gelar liga untuk Persija.

Pencapaian itu diraih Persija pada musim 2001. Persija asuhan Sofyan Hadi mengalahkan PSM Makassar dengan skor 3-2 pada final Liga Indonesia 2001.

Persija belum lagi mampu meraih gelar liga bersama pelatih lokal. Pada Liga 1 2018, Persija diasuh pelatih Brasil, Stefano Cugurra Teco saat menjuarai liga.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓