Bagus Kahfi Ingin Fokus di Jong Utrecht Dulu, tapi Tidak Menolak Jika Dipanggil Timnas Indonesia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 26 Jul 2021, 19:45 WIB
Diperbarui 26 Jul 2021, 19:45 WIB
Bagus Kahfi dengan jersey Jong Utrecht.
Bagus Kahfi dengan jersey Jong Utrecht. (Instagram Bagus Kahfi).

Bola.com, Jakarta - Pemain muda Indonesia, Bagus Kahfi mau fokus di Jong Utrecht lebih dulu. Namun, kekasih dari pevoli, Shella Bernadetha itu tidak akan menolak jika panggilan Timnas Indonesia datang.

Bagus Kahfi bakal menjadi bagian Jong Utrecht untuk musim 2021/2022. Penyerang berusia 19 tahun itu baru dipromosikan dari tim U-18.

Bagus Kahfi, yang bergabung dengan FC Utrecht pada Februari 2021, terpaksa menghabiskan setengah musim pertamanya dengan Utrecht U-18 untuk beradaptasi sekaligus mengembalikan kebugaran pasca-cedera parah pada tahun lalu.

"Untuk saat ini, saya mau fokus dengan diri saya di sini lebih dulu. Saya ingin memaksimalkan kesempatan yang ada di sini," kata Bagus Kahfi dalam wawancaranya dengan ANTV Sports di akun Instagram, @antv_sports, Minggu (25/7/2021).

"Yang penting, saya berikan yang terbaik di sini. kalau misalnya nanti ada panggilan dari Timnas Indonesia, itu bonus buat saya," jelas Bagus Kahfi.

2 dari 4 halaman

2 Tahun Absen dari Timnas Indonesia

Bagus Kahfi mengenakan batik saat menandatangani kontrak bersama FC Utrecht.
Bagus Kahfi mengenakan batik saat menandatangani kontrak bersama FC Utrecht. (Doc FC Utrecht).

Selama ini, Bagus Kahfi identik dengan Timnas Indonesia kelompok umur, yaitu U-16 dan U-19.

Namun sejak 2019, Bagus Kahfi telah absen membela Timnas Indonesia. Selain sempat sibuk bersama Garuda Select, pemain berambut keribo itu dilanda cedera parah pada Maret tahun lalu.

Bagus Kahfi divonis menderita cedera patah kaki dan pergeseran ligamen sehingga harus beristirahat selama tujuh bulan.

Ketika Bagus Kahfi cedera dan belum bisa bermain, rekan seangkatannya di Timnas Indonesia U-19 mulai dipromosikan ke timnas senior oleh pelatih Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Kesempatan Besar

Timnas Indonesia U-19, Hong Kong U-19, Kualifikasi Piala AFC U-19 2020
Tiga pemain Timnas Indonesia U-19, Braif Fatari, Bagus Kahfi, dan Bagas Kaffa, bersyukur meraih kemenangan 4-0 atas Hong Kong U-19 dalam laga Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Bola.com/Yoppy Renato)

Bagus Kahfi punya kesempatan besar untuk comeback ke Timnas Indonesia pada tahun ini.

Di sisa 2021, Timnas Indonesia masih memiliki dua turnamen penting. Tim berjulukan Skuad Garuda itu telah ditunggu babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September-Oktober 2021. Di pengujung tahun, Timnas Indonesia direncanakan beraksi di Piala AFF 2020.

"Siapa sih yang tidak siap ketika dibutuhkan oleh negaranya. Pastinya saya siap. Tapi untuk saat ini, saya ingin fokus di sini lebih dulu," imbuh Bagus Kahfi.

"Saya ingin memaksimalkan kesempatan dan bekerja keras untuk mendapatkan jam terbang di sini. Kalau nanti saya dipanggil ke Timnas Indonesia, saya siap untuk itu," terangnya.

Bagus Kahfi akan memulai musimnya bersama Jong Utrecht di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda pada 9 Agustus 2021 dengan menjamu MVV Maastricht.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓