Sukses


Iwan Bule: Liga 1 Harus Jalan, jika Tidak Kasihan Pemain Menghidupi Keluarga

Bola.com, Jakarta - Masa depan Liga 1 2021 masih misterius. Perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 bikin jadwal dimulainya kompetisi terus diundur.

"Saya tahu, sepak bola harus jalan. Kasihan pemain dan pelatih," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dalam wawancaranya dengan CNN Indonesia TV beberapa waktu lalu.

"Kita akan habis kalau tidak ada kompetisi. Kasihan pemain tidak bisa tampil dan menghidupi keluarga. Kasihan mereka," tutur pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) terpaksa menunda kick-off Liga 1 dari 9 Juli hingga batas waktu yang belum ditentukan buntut dari permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), disusul penerapan PPKM Level 4 akibat gelombang kedua pandemi COVID-19.

PSSI dan PT LIB telah berencana memulai Liga 1 pada 20 Agustus 2021, namun pemerintah malah menambah durasi PPKM Level 4 dari 25 Juli 2021 hingga awal 2 Agustus 2021.

"Tentunya, harapan kami apa yang akan kami sampaikan, pemerintah bisa merespons kesulitan kami," jelas purnawirawan polisi berpangkat terakhir Komjen Pol. tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Banggakan Protokol Kesehatan Piala Menpora

Iwan Bule menganggap BNPB tidak punya alasan untuk menahan rekomendasi bagi Liga 1. Pihaknya mengklaim punya bukti kuat bahwa kejuaraan sepak bola minim penyebaran COVID-19 berdasarkan Piala Menpora 2021.

"Padahal, tak ada klaster di Piala Menpora. Kami jaga betul. Mulai dari hotel, perjalanan, sampai masuk stadion, kami tes swab semua," imbuh Iwan Bule.

"Protokol kesehatan sudah luar biasa. Kami bangga punya stakeholder yang bisa menggelar pertandingan di masa COVID-19. Ini sudah akhir Juli 2021, harus main," tutur mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Sampai saati ini, Liga 1 telah mati suri selama setahun lebih empat bulan. Kompetisi terakhir kali diadakan pada Maret tahun lalu, namun diberhentikan karena pandemi COVID-19.

Video Populer

Foto Populer